Pertama di Sulsel, Surat IMB Berbasis SIMBG di DPMPTSP Pinrang

  • Whatsapp
Pertama di Sulsel, Surat IMB Berbasis SIMBG di DPMPTSP Pinrang

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)
kini mengembangkan Sistem Informasi Bangunan Gedung ( SIMBG). Sistem ini diklaim dapat membantu dan memudahkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan SIMBG mencakup penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF), dan dengan adanya sistem ini pengajuan izin dapat lebih tertib dan transparan.

Hal itu terungkap dalam penyerahan surat IMB dengan menerapkan SIMBG dan diklaim yang pertama di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Penyerahan dilakukan langsung oleh, Kepala DPMPTSP Pinrang, Andi Mirani kepada salah seorang warga bernama Andi di Kantor DPMPTSP, kemarin. “Selamat ya, SIMBG ini adalah yang pertama keluar di Sulsel” kata Andi Mirani saat menyerahkan SIMBG ke warga pemilik Surat IMB.

Bacaan Lainnya

SIMBG yang dilakukan melalui website ini mempunyai beberapa keunggulan. Kadis DPMPTS Kabupaten Pinrang Andi Mirani menyampaikan keunggulan yang dimiliki SIMBG dibanding mengurus secara manual adalah SIMBG berbasis website (online), lebih transparan, dapat lebih memudahkan klasifikasi bangunan, keamanan dalam pengurusan dan mudah dalam mengetahui kualitas bangunan.

Selain itu, Andi Mirani menyampaikan bahwa sistem ini sudah terintegrasi dengan provinsi, kementerian dan BPK, sehingga akuntabilitas dan transparansi lebih terjaga. Andi Mirani berharap dengan penerapan SIMBG tersebut arah Good Governance dapat tercapai khususnya dalam pelayanan publik. “Ini sudah terintegrasi dengan Provinsi, Kementerian dan BPK. Jadi, akan memudahkan pemeriksaan juga untuk kita. Sistem ini juga lebih transparan, akuntable. Kita sudah mengarah ke good governance ya” jelas Andi Mirani.

Andi Mirani berharap dengan sistem SIMBG ini, langkah maju dalam pelayanan publik di Kabupaten Pinrang dapat terus berjalan. Hadir menyaksikan Kabag Humas dan Protokol Dr. Rhommy, dan pejabat terkait.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *