Penanganan Covid-19, Sulsel Masuk Prioritas Laksanakan 3 T

  • Whatsapp
Penanganan Covid-19, Sulsel Masuk Prioritas Laksanakan 3 T

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Presiden Joko Widodo meminta ada prioritas pelaksanaan Testing, Tracing dan Treatment (3 T) di beberapa provinsi. Tercata ada 7 provinsi yang menjadi prioritas imbauan itu, salah satunya Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Selain Sulsel, ada Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, dan Papua. ”Tetap pada concern kita untuk memasifkan 3 T dengan prioritas,”ujar Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19, Senin 13 Juli, pagi tadi.

Presiden juga menyampaikan ingin memberikan evaluasi menyikapi adanya kenaikan kasus positif. Ia menambahkan bahwa penambahan terakhir ada 1.681 dan pada hari Kamis lalu juga ada 2.500 yang positif bertambah karena kasus di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa-AD), Bandung.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Presiden minta tes harus ditingkatkan jumlah Polymerase Chain Reaction (PCR) test dengan menambah jumlah lab-lab yang ada di daerah dan mobile lab PCR. ”Kita harapkan nantinya target sesuai yang saya sampaikan supaya bisa tercapai 30 ribu, dan tracing untuk penelurusan ODP maupun PDP, kemudian memberikan isolasi mandiri dan treatment,” imbuh Presiden.

Menurut Presiden, peningkatan fasilitas kesehatan rumah sakit khususnya lab, Alaat Pelindung Diri (APD), obat-obatan, ventilator, kamar isolasi juga masih memerlukan tambahan-tambahan untuk provinsi-provinsi sebagaimana tersebut sebelumnya. ”Kalau memang kekurangan ini agar Kementerian Kesehatan bisa menyampaikan kepada Menteri PUPR untuk segera selesaikan,” kata Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga sampaikan perlu untuk melakukan pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah. ”Ini betul-betul di kita harus jadikan perhatian lagi karena imported case dari luar negeri juga kita lihat meningkat,” jelas Presiden.(*/ade)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *