Sulawesi Barat

Pemkab Polman Miliki Alat Pendeteksi Gempa Bumi dan Tsunami

Bupati Polman saat meresmikan alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami bantuan dari BMKG

PAREPOS.CO.ID,POLMAN– Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memiliki perangkat Warning Receiver System (WRS) atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami. Alat yang disimpan di Kantor BPBD tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hal itu diungkapkan, Kepala BPBD Polman, Andi Afandi yang ditemui PAREPOS ONLINE, Kamis 2 Juli, 2020. Bantuan alat WRS ini, kata Andi, tujuanya adalah bagaimana kita di daerah bisa mengetahui bahwa telah terjadi bencana disuatu daerah atau wilayah, sehingga kita di daerah bisa terus melakukan pemantauan dan perkembangan akan bencana tersebut dan ini terkoneksi langsung ke BMKG Pusat. “Bantuan ini dari BMKG Pusat dan akan ada menyusul lagi bantuan alat lainnya pada bulan Agustus mendatang,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Polman,Andi Ibrahim Masdar yang meresmikan alat ini mengaku sangat berterima kasih ke BMKG Pusat, terkhusus buat bapak Presiden yang telah memberikan bantuan alat penerima informasi gempa dan tsunami ini. Semoga dengan adanya alat ini semua bencana gempa dan tsunami yang ada diluar daerah bisa kita monitor dan ikuti perkembangannya.

Andi Ibrahim pun menyampaikan agar BPBD segera melaksanakan pelatihan bagi operator yg akan mengoperasikan alat WRS, dengan melibatkan stakeholder terkait, seperti TNI/POLRI dan komponen masyarakat di wilayah yang mempunyai riwayat gempa bumi dan tsunami, seperti di Kecamatan Tinambung. Selain itu, lakukan
simulasi di wilayah tersebut disertai dengan penentuan jalur evakuasi dan titik kumpul jika sewaktu-waktu terjadi bencana.(win)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top