Silaturahim dengan Warga Coppo, Ini Imbauan Kapolres Barru

  • Whatsapp
Silaturahim dengan Warga Coppo, Ini Imbauan Kapolres Barru

PAREPOS.CO. ID. BARRU– Kapolres Barru, AKBP Welly Abdillah kembali melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturahim dengan warga, Jumat 19 Juni 2020. Kunjungannya ke wilayah Pedesaan dan Kelurahan, Pewira dua bunga itu memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya Kamtibmas.

Ia menjelaskan kepada masyarakat bahwa ada tiga faktor umum timbulnya kejahatan yakni, ada niat, ada kesempatan, serta ada kesesuaian dengan target.

Bacaan Lainnya

Khusus pada faktor kesesuaian dengan target, kata Welly, pelaku kejahatan biasanya tiba-tiba mengincar calon korban jika terlalu menarik perhatian pelaku. Meskipun awalnya tidak ada niat.

Sebagai contoh, orang yang berjalan membawa uang banyak sendirian tanpa pengawalan, ataupun perempuan yang kerap jalan malam. Hal-hal tersebutlah yang perlu kita hindari.

Kapolres meminta agar warga hendaknya selalu waspada dan meningkatkan keamanan. Kapolres mendorong Pemerintah Kelurahan agar mengaktifkan Siskamling, sebab keamanan bukan hanya tanggung jawab Polisi dan TNI, tetapi juga diharapkan peran serta seluruh stake holder, demi mengurangi kejahatan.

Dalam menyambut era new normal di Kabupaten Barru, kata dia, salah satu kebijakan yang telah diambil pemerintah adalah pelonggaran aktifitas beribadah secara berjamaah di rumah-rumah ibadah.

Kapolres juga tidak lupa mengajak masyarakat agar tetap menjaga keamanan jelang Pilkada 2020. Ia meminta masyarakat agar tidak bersikap fanatisme yang bisa menimbulkan hoaks. Jika ada yang menyebarkan berita berita bohong akan berurusan dengan hukum. Sebab pembuat dan penyebar berita hoaks bisa dipidana.

Ia menyarankan agar masyarakat selalu mencari kebenaran sebuah berita atau kabar dengan melakukan cek fakta di internet. Perbanyak referensi sebelum menyebarkan sebuah kabar.

Selain itu, money politics menjadi fokus pembahasan dalam pemaparannya terkait Pilkada. Kapolres menyerukan agar masyarakat tidak terpancing untuk melakukan money politics, seperti memberi dan menerima uang untuk dukungan Paslon. Sebab ada ancaman hukuman yang menanti jika berurusan dengan money politics. Petugas akan berkeliling memantau masyarakat pada saat tahapan Pilkada berlangsung.

“Mari kita wujudkan Pilkada yang aman dan damai. Pilih pemimpin sesuai nurani. Sebab semuanya akan kembali pada si pemilih itu sendiri, “ujarnya.

Sementara itu Lurah Coppo H Muhammad Yusuf menyambut baik kedatangan Kapolres Barru yang secara langsung bertatap muka dengan warga Kelurahan Coppo. ” Terima kasih pak sudah datang langsung menemui kami, “ujarnya. (mad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *