PMI Gelar Disinfeksi Serentak, Taqyuddin: Simbol Pencegahan dan Gerakan Ekonomi

  • Whatsapp
PMI Gelar Disinfeksi Serentak, Taqyuddin: Simbol Pencegahan dan Gerakan Ekonomi

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Palang Merah Indonesia Parepare melakukan tindakan pencegahan penularan Covid-19. Tindakan berupa disinfeksi dan bagi-bagi masker dilakukan di seluruh wilayah kota Parepare, Minggu, 7 Juni 2020.

Ketua PMI Kota Parepare, Taqiyuddin Jabbar mengatakan, kegiatan disinfeksi menyasar seluruh rumah ibadah, fasilitas publik dan perkantoran. Hal itu dilakukan guna menyambut tatanan hidup baru ditengah masyarakat atau disebut new normal. “Ini kaitannya dengan new normal yang harus dilakukan paralel yaitu tindakan pencegahan penularan Covid-19 dan pergerakan ekonomi,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Lanjut Taqyuddin, kegiatan disinfeksi dilakukan serentak se-Sulawesi selatan karena melihat jumlah kasus Sulsel yang lebih besar hingga menduduki posisi ke-empat setelah DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat. Ironinya, kata TQ sapaan Taqyuddin, Jawa Tengah dengan penduduk 32 juta dibanding Sulsel dengan penduduk 8,1 juta, namun Sulsel lebih lebih banyak yang terdampak kasus Covid-19.

Akibat dari Covid-19, kondisi perekonomian menurun dari 5,7 persen menjadi 2 persen. Penurunan tersebut dirasakan memberikan efek sosial berupa PHK, pengangguran dan kriminalitas. Sehingga kegiatan new normal sebut dia harus disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. “Bahwa kita belum terbebas dari Covid-19. Sosial distancing atau jaga jarak tetap berlaku ditengah berlangsungnya kembali kegiatan ekonomi sebagai simbol ekonomi mulai bergerak,” ujarnya.

Taqyuddin menambahkan, sebelumnya PMI telah melakukan hal yang sama dikota Parepare sebagai tindakan pencegahan. Selanjutnya selama masa new normal berlangsung, pihaknya akan bergerak secara bertahap dan simultan melihat situasi dan perkembangan terkini dibantu aparat TNI Polri.

Pada kegiatan disinfeksi yang telah berlangsung dua hari itu, PMI melibatkan unit mobil layanan donor darah dan mobil petugas disinfeksi dibantu satu unit kendaraan patwal polisi dan unit mobil layanan informasi milik KPU Parepare. Taqyuddin bersama tim turun langsung dititik lokasi menyaksikan petugas disinfeksi dan bagi-bagi masker ke warga. (wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *