Hukum dan Kriminal

Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19, Polisi Tetapkan 32 Tersangka

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR– Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan telah menetapkan 32 tersangka dalam kasus pengambilan paksa jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Rumah Sakit Labuang Baji, Kota Makassar. Hal itu diungkapkan, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo melalui rilis resminya, Senin 29 Juni, siang ini. “Pengambilan paksa jenazah Covid-19 di RS Labuang Baji pada tanggal 5 Juni 2020 sekira pukul 10.00 Wita, setelah dilakukan pengembangan, pemeriksaan saksi-saksi dan hasil gelar perkara. Maka polisi telah menetapkan sebanyak 32 orang sebagai tersangka,”tegasnya.

Sebelumnya, kata Kabid Humas, masih kasus yang sama pada tanggal 26 Juni, polisi setelah mengamankan tersangka sebanyak 13 orang dilakukan rapid test. dari hasil rapid test tersebut, 10 orang dinyatakan non reaktif dan 3 orang dinyatakan reaktif. “Terhadap 10 orang itu, polisi telah melakukan penahanan dan terhadap 3 orang yang reaktif kami pulangkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Untuk proses lanjut, akan mempertimbangkan kondisi mereka nantinya,”ungkapnya.

Maka dengan demikian, sampai dengan hari ini jumlah total terkait penanganan kasus pengambilan paksa jenazah dengan tempat kejadian perkara (TKP) RS Labuang Baji ditetapkan sebanyak 32 orang tersangka. Sebelumnya, dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden RI Joko Widodo berharap tidak terjadi lagi pengambilan paksa jenazah pasien yang terpapar Covid-19. Kepala Negara meminta seluruh jajarannya untuk melibatkan tokoh-tokoh agama, masyarakat dan praktisi lainnya untuk menjelaskan kemasyarakat mengenai bahaya dan resiko penularan Covid-19. Dia pun mengimbau agar sosialisasi dilakukan lebih masif kepada masyarakat akan pentingnya pengujian sampel spesimen individu untuk pencegahan lebih luas.(*/ade)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top