Musim Tanam, Bupati Pinrang: Pemerintah Harus Hadir Bersama Petani

  • Whatsapp
Musim Tanam, Bupati Pinrang: Pemerintah Harus Hadir Bersama Petani

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid mengakui harus hadir bersama petani ditengah musim tanam kali ini. Hal itu ditunjukannya dengan turun memantau aktivitas petani di dua lokasi berbeda yakni, di Desa Tanra Tuo, Kecamatan Cempa dan Desa Mattiro Ade, Kecamatan Patampanua, Rabu 17 Juni 2020, pagi tadi.

Bukan hanya memantau, mantan Ketua DPRD Pinrang itu pun turun langsung bersama petani dalam upaya pemberantasan hama tikus.
Bupati mengakui, Kabupaten Pinrang adalah daerah agraris, dimana sebagian besar masyarakatnya hidup di sektor pertanian. Maka tidak salah jika salah satu sektor yang menjadi prioritas pemerintah adalah bidang pertanian. “Kita bersyukur, Kabupaten Pinrang adalah salah satu daerah penyangga pangan nasional dan harus kita jaga. Sektor pertanian menjadi salah satu fokus pemerintah, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19, pemerintah harus hadir bersama petani,”tegasnya.

Bacaan Lainnya

Dia pun berpesan kepada para petani agar lebih semangat untuk turun melaksanakan gropyokan tikus. Selain itu, tak lupa mengingatkan kepada para petani agar tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.“Pemberantasan hama tikus ini adalah contoh dari nilai kegotongroyongan dan kebersamaan. Kita harus lestarikan nilai nilai baik ini dari semua aspek kehidupan. Kami tekankan agar kegiatan seperti ini terlaksana di semua lokasi, utamanya pada lokasi-lokasi endemik tikus. Saya juga mengingatkan agar tetap patuhi protokol kesehatan,”imbuhnya.

Turut mendampingi Bupati Pinrang diantaranya, Kadis Pertanian Andi Tcalo Kerrang, Kadis PSDA M. Jenal, Camat Cempa dan Patampanua, aparat desa setempat, penyuluh pertanian dan pejabat muspika lainnya. Dari pantauan, ada beberapa upaya petani dalam mengendalikan hama tikus di areal persawahanya. Upaya tersebut di antaranya gropyokan menggunakan mesin pompa air, tiran, pemasangan umpan beracun, pendirian rumah burung hantu dan pemasangan pagar plastik.(*/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *