Kota Parepare Menuju New Normal, Halwatiah: Masker jadi Kebutuhan Wajib

  • Whatsapp
Kota Parepare Menuju New Normal, Halwatiah: Masker jadi Kebutuhan Wajib

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Penanganan Covid-19 di Kota Parepare terus menunjukkan hasil yang siginifikan. Pasien positif korona yang sembuh menunjukkan trend peningkatan dari hari ke hari. Meskipun di tengah belum meredahnya pandemi Covid-19. Seperi apa persiapan yang akan dilakukan dengan mulainya dilonggarkan segala aktivitas masyarakat?

Menanggapi hal tersebut, Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, dr Halwatiah mengatakan, masker menjadi kebutuhan wajib dalam menuju Parepare ‘New Normal’. “Bagi kami pemerintah, bagaimana melindungi masyarakatnya dari penyebaran virus korona dalam menghadapi kebiasan baru aktivitas masyarakat yang mulai dinormalkan.Sehingga masker menjadi pakaian wajib untuk digunakan setiap individu, ” ungkapnya saat menjadi nara sumber dalam acara talkshow di TV Peduli, Rabu, 10 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, aktivitas yang mulai dilonggarkan tersebut tidak serta merta dilakukan begitu saja. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker bagi setiap individu. “Masker tidak hanya melindungi diri kita, tapi juga melindungi orang lain yang berada di sekitar kita. Dengan wajib memakai masker, maka kita saling menjaga dari paparan virus korona. Makanya masker wajib dalam penerapan kebiasaan hidup normal di tengan belum meredahkan pandemi Covid-19,” jelasnya.

Halwatiah juga mengaku, sudah berjalan tiga bulan lebih terus konsentrasi dan fokus dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Parepare. “Kita syukuri semua pihak bergerak bersama-sama. Ada TNI/Polri, BUMN, BUMD, perbankan, organisasi -organisasi yang massif bersama Tim Gugus dan pemerintah kota dalam memutus rantai penyebaran virus korona, sehingga hasilnya maksimal. Jumlah pasien sembuh terus bertambah. Ini salah indikator kita menuju “New Normal”,katanya.

Kendati demikian, kata dia, memang harus optimal melakukan tradisi baru dalam segala aktivitas saat ini. Jika dulu masyarakat tidak mengenal masker, maka sekarang menjadikannya pakaian wajib. Wajib cuci tangan, dan menyemprot disinfektan. “Saya kalau keliling selalu siapkan masker di mobil. Kalau ada masyarakat tidak pakai masker. Saya berikan masker. Makanya masker menjadi wajib dalam melakukan budaya baru segala aktivitas ini, ” jelas Plt Kadis Kesehatan Kota Parepare. Ditambahkannya, pemerintah berencana akan menerbitkan surat edaran mengenai kewajiban memakai masker. (sar)