Ini Tujuh Sektor Dilombakan OPD Parepare di Lomba Inovasi Kemendagri

  • Whatsapp
Ini Tujuh Sektor Dilombakan OPD Parepare di Lomba Inovasi Kemendagri

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar lomba inovasi dengan tema ‘Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19’. Lomba inovasi ini akan diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten atau kota. Salah satunya, Pemerintah Kota Parepare dimana telah menyiapkan tujuh sektor yang menjadi inovasi awal dalam menghadapi kehidupan normal baru. Ketujuh sektor tersebut adalah pasar tradisional, pasar modern atau mal, restoran, hotel, pelayanan perizinan, tempat wisata, dan transportasi umum.

Pemkot Parepare melalui Bappeda yang membidangi Kelitbangan dan Laboratorium sudah mengirimkan video hasil inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke panitia lomba. Menggambarkan kondisi ril penerapan kehidupan normal baru. Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, lomba untuk mendorong inovasi dan kreativitas pemerintah daerah menghadapi new normal life pada situasi pandemi Covid-19. “Video dibuat OPD teknis terkait yang menggambarkan inovasi dan kondisi ril kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19, pada tujuh sektor di Parepare,” ungkap Samsuddin, beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Untuk sektor pasar tradisional dan pasar modern ditangani oleh Dinas Perdagangan (UPTD Pengelolaan Pasar), restoran dan hotel ditangani Badan Keuangan Daerah (BKD), pelayanan perizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), tempat wisata oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), dan transportasi umum oleh Dinas Perhubungan. Lomba inovasi diikuti seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia, dimana peserta lomba dikelompokkan dalam 4 klaster yakni provinsi, kabupaten, kota, kabupaten tertinggal/perbatasan. “Linknya sudah tayang di web resmi Litbang Kemendagri. Masyarakat Parepare bisa berpartisipasi dengan menjadi viewer video inovasi new normal Parepare,”ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mendukung inovasi Parepare menuju new normal life dengan mengedepankan protokol kesehatan. Taufan Pawe menekankan rencana pelaksanaan new normal life membutuhkan koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan stakeholder. “New normal ini menjadi gerakan nasional yang mendorong pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di tengah kehidupan masyarakat yang kembali produktif, ekonomi dan aktivitas bisnis kembali hidup, dan pemerintah daerah bisa berinovasi mencegah penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat,” ungkap Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi, dan Hukum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).(anj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *