Bencana Alam

BPBD Pinrang Miliki Alat Deteksi Gempa Bumi dan Tsunami

Bupati Pinrang saat menyimak langsung alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami yang diserahkan BMKG

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pinrang kini memiliki alat pendeteksi gempa dan tsunami atau Warning Receiver System (WRS). Alat tersebut merupakan bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Gowa. Penyerahan bantuan WRS diserahkan langsung Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gowa, Gandamana Matondang kepada Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid yang didampingi Sekretaris Daerah Pinrang, Budaya Hamid yang selanjutnya diserahterimakan kepada Kepala BPBD Pinrang, Matalatta di Kantor BPBD Pinrang.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gowa, melalui staf ahlinya Rizki mengatakan, WRS NewGen merupakan alat pendeteksi gempa dan tsunami yang bersifat realtime, sehingga dalam kurang dari tiga menit informasi dapat dengan cepat di terima oleh masyarakat agar dapat melakukan upaya pertahanan diri atau antisipasi. Hal ini sebagai bahan tindak lanjut dari PP No.93/2019 tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami.

“WRS ini memberikan informasi gempa secara cepat karena bersifat realtime otomatis dari BMKG dengan waktu kurang dari 3 menit, sehingga dapat mengambil langkah secara cepat dalam menangani bencana sehingga memberi manfaat nyata dalam mengantisipasi kebencanaan di Kabupaten Pinrang,”katanya, kemarin.

Rizki mengakui, Provinsi Sulawesi Selatan yang berada di lintasan Sesar (Patahan-red) Walanae rawan bencana, terkhusus di Kabupaten Pinrang yang dilewati patahan secara tektonik mulai dari ujung selatan Kabupaten Bulukumba sampai ujung utara Kabupaten Pinrang. Selain itu, adanya riwayat histori kegempaan, sehingga alat deteksi WRS ini bermanfaat untuk membantu masyarakat mengetahui gempa dan tsunami lebih awal, agar dapat bersiaga dalam menghadapi bencana tersebut.

Diharapkan dengan alat ini. kata Rizki, dapat mempercepat penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Supaya informasi cepat disebar dan diterima oleh Pemkab dan masyarakat Pinrang untuk penyebaran informasi melalui deteksi sensor. BMKG berharap, Pemerintah Kabupaten Pinrang dapat menjaga alat tersebut, karena itu BMKG telah memberikan tempat khusus yang digunakan untuk memasang peralatan instalasi WRS tersebut.

“Atas nama BMKG, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pinrang yang telah menerima alat WRS. BMKG berharap dukungan dari Kabupaten Pinrang yang telah kita pasang peralatan instalasi WRS, dimana alat sensor ini sudah dipasang di Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua dan Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang. Kiranya alat ini dapat dijaga dan dirawat, mengingat wilayah ini merupakan wilayah rawan bencana,”ungkapnya.

Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada BMKG, sebab telah memberikan alat deteksi canggih tersebut, mengingat wilayahnya termasuk wilayah yang rawan gempa di Provinsi Sulawesi Selatan. “Perangkat WRS ini sangat penting, karena berfungsi untuk mendeteksi secara dini gempa bumi, bahkan kita bisa mengetahui gempa bumi itu bisa berpotensi tsunami atau tidak. Semuanya kita bisa lihat di layar,”jelasnya. Dari data yang dihimpun, alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami juga telah dimiliki BPBD Kabupaten Soppeng. (*/ade)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top