Metro Pare

Tertib Salat Idul Fitri di Rumah

Dr Mahsyar

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Sesuai Fatwa Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, salat Idulfitri dilaksanakan di rumah selama pandemi Covid -19.

Koordinator Bidang Tarjih Pimpinan Daerah
Muhammadiyah Parepare, Dr Mahsyar, mengatakan, salat Idulfitri di lapangan dan di masjid ditiadakan, sebagai upaya saddu syariah memutus peredaran rantai mudarat Covid -19.

“Tindakan preventif dari suatu bahaya atau penyakit dan sebagai upaya menghindari mudarat atau bahaya penyakit yang bisa berkonsekuensi pada kematian,” katanya.

Menurutnya, pemindahan salat idulfitri di rumah merupakan ijma ulama, berdasarkan petunjuk nash (Alqur’an dan Hadis). Bahkan sudah menjadi konsensus nasional antara ulama dan umara.

Pelaksanaan salat idulfitri, kata dia, dapat dilaksanakan di rumah. Pelaksanaannya sama dengan salat idul fitri di lapangan.

Salat idulfitri di rumah dapat dilaksanakan dengan cara berjamaah ataupun sendiri-sendiri.

Apabila dilaksanakan secara berjemaah boleh ada khutbah. Apabila tidak ada yang berkemampuan membaca khutbah atau semuanya wanita, maka tidak perlu ada khutbah.

“Kaifiyat salat idulfitri tidak ada adzan, tidak iqamah, dimulai dengan takbiratul ihram.
Takbir 7 kali pada rakaat pertama dan takbir lima kali pada rakaat kedua,” kata Direktur Pascasarjana IAIN Parepare itu.

Kemudian dilanjutkan membaca surat al-Fatihah, membaca surat tertentu (bisa juga surah yang bisa di baca).

“Kaifiyat lainnya sama dengan salat sunnah dua rakaat (rukuk, sujud, tahiyat dan salam),” katanya. (ril)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top