Ajatappareng

Nelayan Asal Desa Kupa Temukan Alat Pendeteksi Kapal

Alat pendeteksi yang ditemukan nelayan asal Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru

PAREPOS. CO. ID. BARRU — Nelayan Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru menemukan GPS EPIRB (Emergency Position Radio Becon) alat ini akan digunakan ketika kapal itu mengalami kecelakaan laut. Alat pendeteksi ini sudah diamankan oleh pihak Bazarnas Makassar.

Pihak Bazarnar Makassar melalui Dadang yang dikonfirmasi, Jumat, 29 Mei membenarkan, adanya penemuan EPIRB oleh salah seorang nelayan di Desa Kupa. Alat ini, kata Dadang, digunakan ketika kapal itu mengalami kecelakaan laut dan akan memancarkan signal distres aler ke satelit. Dari satelit akan memancarkan ke beberapa negara terdekat.” Alat itu akan memancarkan signal, namanya distres aler kesatelit ketika terjadi kecelakaan laut, “ujar dia.

Dadang menjelaskan, sebenarnya alat itu sudah terdeteksi oleh Bazarnas Pusat sejak tanggal 25 Mei lalu dan kami berkoordinasi dengan beberapa pihak namun penemuan itu nihil. ” Alat itu ternyata ditemukan oleh nelayan, dan disimpan di kapalnya. Kemarin saat kembali memancarkan signal kemungkinan nelayan itu menyalakan tombol on-of nya, “jelasnya.

Bahkan, kata dia, sebelum kita temukan alat itu, pagi tadi kami dari pihak Bazarnas melakukan sosialisasi ke pihak aparat desa bersama masyarakat tentang fungsi alat itu dan salah satu dari nelayan mengaku bahwa ada benda yang dia temukan.

Alat itu kata dia adalah milik salah satu kapal tanker atas nama MT Iriani beralamat di Kota Surabaya. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan menghubungi pemilik kapal, namun belum tersambung,” jelasnya. (mad)

Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TRENDING

To Top