Ajatappareng

Tangani Korona, 18 Warga ODP dan 3 PDP di Sidrap

Jubir Penanganan Covid-19 Sidrap, Ishak Kenre

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP – Hingga saat ini di Kabupaten Sidrap masih tergolong aman dari ancaman virus korona. Hal itu menyusul belum ada data warga yang di terdeteksi positif terkena Covid-19. Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Sidrap, Ishak Kenre membenarkan hingga saat ini belum ada warga Sidrap yang terjangkit penyakit korona.  “Memang saat ini belum ada warga Sidrap yang terjangkit virus korona. Yang ada hanya Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 18 orang dan 3 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP),”ungkap Ishak, Selasa 24 Maret, siang tadi.

Meski demikian, kata Ishak, masyarakat diminta harus ekstra hati-hati dan tetap mengikuti instruksi pemerintah. “Belum ada yang positif tidak berarti kita aman. Kita harus ekstra hati-hati agar tidak terjangkit. Karena virus ini penyebarannya sangat cepat,”jelasnya.

Saat ini, lanjut Ishak, 3 orang yang masuk PDP,  2 diantaranya sudah dirujuk ke Rumah Sakit Andi Makkasau Kota Parepare, dan 1 ke RS Wahidin Makassar. “Pasien yang dirujuk itu, disana akan dilakukan pengambilan spesimen untuk mengetahui status kesehatan pasien, apakah positif atau negatif,” katanya.

Untuk menyikapi kondisi itu, diminta agar warga tetap waspada. “Harus waspada, tapi jangan juga panik, mari melaksanakan aksi nyata dalam upaya pencegahan untuk memutuskan mata rantai virus itu,” paparnya

Libatkan Persakmi

Untuk melakukan kegiatan massif dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona ini, Ishak Kenre melibatkan jajaran pengurus dan anggota Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Sidrap. “Kebetulan saya Ketua Persakmi Sidrap, makanya kami berinisiatif untuk terjun dan mengambil peran dalam upaya pencegahan penyebaran virus mematikan ini,” ujar Ishak.

Penyebaran virus korona ini tidak bisa dihindari. Saat ini, peran dan aksi yang bisa dilakukan Persakmi dalam mengantisipasi penyebaran dan meluasnya Covid-19 adalah mendorong pola hidup sehat bagi masyarakat Sidrap. “Saat ini kita terus berusaha menyerukan Untuk menjaga pola hidup bersih, seperti cuci tangan pakai sabun sesering mungkin yang bisa mencegah penyebaran virus korona ini,” ungkapnya.

Yang tidak kalah penting, timpal Ishak, adalah melakukan gerakan masyarakat hidup sehat untuk terus meningkatkan imunitas tubuh. ” Ini yang Persakmi coba dorong terus dengan terus mensosialisasikan gerakan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi dan seimbang istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik,” terangnya.

Dan yang terpenting saat ini, masyarakat harus tetap tinggal di rumah. Tidak keluar jika tidak ada yang terlalu penting.  ” Saat ini hindari dulu kontak fisik dengan orang lain. Jaga jarak, di rumah saja kurangi aktivitas di luar rumah,”harapnya.(*/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top