PMI Bantu Pemerintah Edukasi dan Promosi Kesehatan dalam Hadapi Covid-19

  • Whatsapp
PMI Bantu Pemerintah Edukasi dan Promosi Kesehatan dalam Hadapi Covid-19

PAREPOS.CO.ID,JAKARTA– Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), HM Jusuf Kalla menggelar rapat koordinasi terkait dengan kesiapsiagaan coronavirus atau Covid -19 bersama dengan perwakilan dari 10 PMI Provinsi, diantaranya PMI Provinsi Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Markas Pusat PMI, Kamis 5 Maret, 2020.

Kesepuluh daerah tersebut merupakan daerah yang identik dengan banyaknya pendatang atau pelancong dari berbagai daerah atau negara lain sehingga rawan penularan Covid-19.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan ini Ketum PMI, Jusuf Kalla menghimbau kepada PMI Provinsi yang hadir dalam pertemuan ini untuk meningkatkan kewaspadaan terkait dengan Covid-19.

“Dalam kasus Covid-19, PMI akan menjadi salah satu corong untuk memberikan edukasi dan informasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti cuci tangan dengan sabun dan etika batuk kepada masyarakat untuk kesiapsiagaan masyarakat menghadapi penyakit ini,” jelas JK.

Ditambahkan JK, PMI telah membuka hotline bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait edukasi dan promosi kesehatan untuk kesiapsiagaan Covid-19 dengan menghubungi 021-7992325 Ext. 411 atau 021-7992322.

Dalam pertemuan koordinasi ini, hadir dokter spesialis paru RS PMI Bogor yang memberikan mendapatkan penjelasan tentang penyakit Covid-19, gejala serta penanganannya. Para peserta rapat juga melakukan simulasi cuci tangan dengan sabun, penjelasan menggunakan masker jika sakit dan bagaimana membuang masker bekas, serta alat pelindung diri (APD) bagi tim medis dalam penanganan penyakit infeksi.

Pertemuan ini juga akan menyiapkan personel PMI Propinsi dan di setiap Kab/Kota untuk dapat melakukan pelatihan di bidang Layanan Ambulans, Psikososial dan Perawatan Keluarga.(*/ade)