Ajatappareng

Pertahankan WTP, Bupati Soppeng dan Barru Serahkan Laporan Keuangan ke BPK

PAREPOS.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Soppeng berhasil merampungkan laporan keuangan tahun anggaran 2019 dan menyerahkan ke BPK RI.
Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak menyerahkan langsung laporan keuangan tahun anggaran 2019 kepada BPK RI Perwakilan Sulsel di Aula Gedung BPK RI, beberapa waktu lalu bersama tiga kabupaten lainnya di Sulsel, yakni Barru, Palopo dan Selayar.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi berharap untuk tetap mempertahankan predikat WTP yang ke 6 kalinya secara berturut – turut.Hal ini bukan pekerjaan yang ringan tetapi dengan kerja kita semua saya yakin kita bisa. “Karena tentu pemeriksaan sekarang ini cukup detail karena umur WTP kita juga semakin matang,” kata Andi Kaswadi.

Kadis Kominfo Soppeng, Sarianto mengatakan, penyerahan laporan keuangan daraeh tahun anggaran 2019 kepada BPK RI merupakan suatu prestasi tersendiri Pemerintah Kabupaten Soppeng. Sebab mampu merampungkan laporan keuangan dan menyerahkan ke BPK RI sesuai aturan perundang – undangan batas waktu penyampaian 31 Maret.

Senada diungkapkan, Bupati Barru Suardi Saleh yang juga menyerahkan langsung laporannya terdiri dari berbagai item. Diantaranya, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, serta Catatan atas Laporan Keuangan.

Laporan ini diserahkan ke BPK dalam rangka pelaksanaan Pemeriksaan Terinci atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh BPK. Pemeriksaan terinci yang dilaksanakan oleh BPK bertujuan untuk menilai kewajaran laporan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), serta sebagai bahan evaluasi dan penilaian atas pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran oleh eksekutif.

“Ini juga bagian dari pertanggungjawaban Pemerintah tentang akuntabilitas, transparansi dalam penggunaan anggaran,”ujarnya usai penyerahan laporan di kantor BPK Perwakilan Sulsel.

Tak lupa, Suardi Saleh menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Barru dan jajarannya, Sekda dan BPKAD, Inspektorat dan seluruh SKPD yang telah merampungkan laporannya sehingga bisa diserahkan tepat waktu. “Harapan kita semua, semoga hasil pemeriksaan LKPD tahun 2019 dengan opini WTP dapat kita raih lagi. Insya Allah,” tambah Suardi Saleh. (wis)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top