Pemkab Majene Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/ MI

  • Whatsapp
Pemkab Majene Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/ MI

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Pemkab Majene kembali menggelar audisi lomba bercerita untuk tingkat SD dan MI se kabupaten Majene. Pembukaan pelaksanaan kegiatan audisi Lomba Bercerita Tingkat SD / MI sederajat se Kabupaten Majene, difasilitasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene berlangsung di Aula Hotel B’ Nusabila Lembang Majene, Kamis 5 Maret 2020.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Majene, Wakil Bupati Majene, Kadis Perpustakaan dan Kerasipan, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Lurah dan Kades serta para Kasek dan undangan lainnya. Adapun lomba yang dilaksanakan seperti Lomba Perpustakaan Desa / Kelurahan, Lomba bercerita tingkat SD / MI – Sederajat, Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA Tngkat Kabupaten Majene, Lomba Pojok Baca Kelas Tingkat SLTP dan Lomba Tertib Arsip Tingkat OPD Se Kabupaten Majene.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan pelaksanaan, Suci Jamaah, S. Sos mengatakan kegiatan ini diharapkan tumbuh kembangnya minat, kemampuan dan kesenangan membaca sebagai modal utama dan faktor penting dalam pendidikan. Baik formal maupun informal, agar masyarakat dalam Era Pembangunan dewasa ini lebih cerdas, memiliki wawasan luas dan tangkas dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

Sementara tujuannya antara lain adalah untuk menumbuhkan budaya Gemar Membaca di masyarakat utamanya pada anak-anak sebagai generasi bangsa serta terciptanya masyarakat terdidik terpelajar terbiasa membaca dan berbudaya tinggi. Selain itu juga guna
mendukung pelaksanaan peningkatan program MP3.

Bupati Majene, Fahmi Massiara yang sekaligus membuka secara resmi acara tersebut mengatakan, membaca merupakan faktor terpenting dan sebagai modal utama dalam pendidikan, baik formal maupun informal. Karena nelalui kesenangan membaca diharapkan agar masyarakat di era globalisasi ini hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas menghadapi tantangan hidup.

Sebab, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembudayaan kegemaran membaca dapat dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga yang difasilitasi pemerintah dan pemerintah daerah melalui buku murah yang berkualitas, satuan pendidikan dan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai proses pembelajaran, dan masyarakat yaitu dengan penyediaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau murah dan bermutu. (edy)