Ajatappareng

Kelurahan Coppo Deklarasikan Status ODF

PAREPOS. CO. ID. BARRU — Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru mendeklarasikan status Open Defecation Free (ODF) dan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS),
Jumat, 13 Maret di Kantor Kelurahan Coppo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Kabupaten/Kota Sehat Barru, Hasnah Syam, yang juga ketua TP PKK dan Plh Sekda Barru, Abustan.

Deklarasi ODF merupakan kelurahan/desa yang masyarakatnya telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kelurahan Coppo telah diverifikasi ODF oleh tim verifikator kabupaten yang bersinergi dengan pihak kecamatan dengan cara mengunjungi langsung rumah warga untuk meninjau lokasi jamban.

Bukan hal mudah mendapatkan status Kelurahan ODF. Mengingat, Kecamatan Barru yang juga Ibu Kota Barru memiliki lokasi pemukiman yang tergolong padat dibandingkan kecamatan lainnya di Barru.

“Saat ini, sudah 80% capaian kelurahan/desa di Kecamatan Barru yang telah ODF. Pekan depan, InsyaAllah kita akan lakukan verifikasi lagi untuk memastikan di Mei 2020 ini, Kecamatan Barru sudah ODF 100%,” kata Camat Barru, Andi Hilmanida di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, pihaknya masih butuh kerja keras untuk melakukan sosialisasi dan kerjasama semua pihak untuk Stop BABS, sekaligus mempertahankan status ODF bagi kelurahan desa yang sudah deklarasi.

Menurutnya, merubah kesadaran dan perilaku Buang Air Besar Sembarangan bukanlah hal yang mudah. Meski demikian, bersama berbagai elemen, pihaknya akan terus menyosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hasnah Syam, menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan, terutama terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju Kabupaten ODF 100%.

“Salah satu fokus utama semua desa adalah, stop BABS. Kita harapkan Barru bisa menjadi kabupaten ODF 100%,” harap Hasnah Syam. (mad)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top