e-KTP Berlaku Seumur Hidup, Disdukcapil: Meski Waktu Berlakunya Habis

  • Whatsapp
e-KTP Berlaku Seumur Hidup, Disdukcapil: Meski Waktu Berlakunya Habis

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–Semua kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP berlaku seumur hidup. Meski sebagian besar e-KTP yang beredar masih terdapat tanggal kedaluwarsa, hal tersebut tak berpengaruh. E-KTP tersebut tetap bisa digunakan meski waktu berlakunya sudah habis. Hal tersebut ditegaskan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra kemarin. “Jadi, bagi warga yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi karena e-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya,” katanya.

Meski begitu, Adi menyarankan bagi warga yang ada perubahan elemen data pada e-KTP-nya wajib melakukan pergantian. “Bagi warga yang ingin melakukan update biodata kependudukan atau melakukan penggantian dokumen administrasi kependudukan karena terjadi perubahan data, bisa datang langsung ke Kantor Disdukcapil dengan membawa dokumen asli,” jelasnya. Selain itu, Disdukcapil juga menerbitkan surat edaran terkait dengan pengesahan dokumen administrasi penduduk dalam penerbitan dokumen.

Bacaan Lainnya

Kasubid dentitas Kependudukan Disdukcapil Kota Parepare, Andi Made Ali menjelaskan, berdasarkan pasal 19 ayat 6 Permendagri nomor 104 tahun 2019 tentang pendokumentasian administrasi kependudukan bahwa dalam hal dokumen kependudukan dengan format digital dan sudah ditandatangani secara elektronik dan KTP el tidak memerlukan pelayanan legalisir.  Ia juga menyebutkan, pasal 14 ayat 1 dan 2 Permendagri tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Bahwa dalam pencetakan hasil pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menggunakan bahan baku kertas HVS 80 gram ukuran A4.
“Mendasari hal itu, maka disampaikan produk hasil layanan kertas HVS 80 gram ukuran A4 , baik yang diterbitkan melalui tanda tangan elektronik (TTE) maupun melalui tanda tangan manual dan cap stempel basah merupakan produk resmi Disdukcapil Parepare,” pungkasnya. (anj)