Pro Daerah

BBVet Maros Ikut Maksimalkan Penanganan Covid-19

PAREPOS.CO.ID, MAROS – Balai Besar Veteriner Maros (BBVet Maros) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Ditjen Peternakan dan kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI ikut tanggap dalam percepatan penanganan penyebaran Virus Disease 2019 (covid-19).

Hal itu dilakukan pihaknya karena melihat penanggulangan penanganan penyebaran Virus Covid-19 merupakan tanggungjawab bersama. Kepala BBVet, Risman M, menjelaskan jika pihaknya memang telah melakukan penanganan awal penyebaran Virus Covid-19 khususnya yang berada di sekitar wilayah Maros dengan berkoordinasi langsung Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Maros.

“Untuk sementara kami sudah melakukan koordinasi langsung dengan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Maros guna melaksanakan desinfeksi atau penyemprotan ke sejumlah titik, khususnya yang berada di area kompleks BBVet Maros,” jelasnya, Kamis 26 Maret 2020.

Risman melanjutkan, terhitung sejak sepekan lalu, pihaknya sudah melakukan penyemprotan desinfektan di belasan titik yang berada di Maros, khususnya instansi pemerintahan dan ruang publik. “Sejauh ini sudah ada beberapa Perkantoran di sekitar area kami, seperti Kantor Kejaksaan RI Maros, Mapolsek Lau, Kodim Maros, Puskesmas dan sejumlah rumah ibadah,” ungkapnya.

BBVet Maros sendiri juga telah menyalurkan bantuan sejumlah alat kesehatan penunjang yang sangat dibutuhkan instansi kesehatan dalam penanganan Covid-19 yang berada di Provinsi Sulsel.

“Jadi kita juga telah memberikan stok peralatan kesehatan seperti Alat Perlindungan Diri (APD), Viral Transport Media (VTM) dan Desinfektan kepada Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Maros, Dinas Kesehatan Prov. Sulsel dan juga beberapa rumah sakit yang sangat membutuhkan. Dimana peralatan tersebut merupakan stock kami ketika melakukan penanganan kasus penyakit hewan atau outbreak penyakit zoonosis sehingga hanya terbatas yang dapat kami berikan” lanjut DR. Drh. Muflihanah, M.Si Kabid Pelayanan Veteriner BBVet Maros.

Selain itu, BBVet Maros yang memiliki tugas melaksanakan pengamatan dan pengidentifikasian diagnosa, pengujian veteriner dan produk hewan, serta pengembangan teknik dan metode penyidikan, diagnosa, dan pengujian veteriner, tetap melaksanakan pengamatan dini pengujian dan pelayanan kesehatan hewan.

“Kami terus melakukan koordinasi kepada dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan daerah di 10 Provinsi wilayah kerja BBVet Maros dengan tetap mengikuti protokol pencegahan virus covid-19.” tutup Risman.

Diketahui, Balai Besar Veteriner Maros adalah salah satu unsur dari sektor kesehatan hewan yang berperan dalam emergency response penyakit zoonosis dalam mendukung ONE HEALTH.(tip)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top