Antisipasi Virus Carona, Dewan Pertanyakan Kesiapan Dinkes dan RSUD Pinrang

  • Whatsapp
Antisipasi Virus Carona, Dewan Pertanyakan Kesiapan Dinkes dan RSUD Pinrang

PAREPOS.CO,ID,PINRANG– Komisi IV DPRD Pinrang memanggil dua pimpinan Rumah Sakit Udara Daerah (RSUD) Lasinrang dan Madising beserta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mempertanyakan kesiapan dalam rangka mengantisipasi masuknya virus corona COVID-19, kemarin.

“Kita memanggil pihak RSUD dan Dinkes untuk mengetahui sejauh mana langkah antisipatif yang telah dilakukan saat ini,” kata Ketua Komisi IV Ahmad Side, Sabtu 7 Maret, siang tadi.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUD Lasinrang,dr Moh Inwan Ahsan mengatakan, Pemerintah Kabupaten
Pinrang telah melakukan berbagai upaya mengantisipasi virus mematikan tersebut,agar tidak masuk di bumi Lasinrang.

Diantaranya melakukan penyebarluasan informasi tentang pencegahan menularnya virus corona melalui berbagai kegiatan Promosi Kesehatan (Promkes) seperti edukasi tentang langkah-langkah mencuci tangan, etika batuk dan bahan-bahan makanan bergizi di poliklinik rawat jalan, ruang tunggu IGD, ruang rawat inap dan ruang publik lainnya.

Langkah lainya, kata dr Ino sapaan akrbanya, yakni menyiapkan fasilitas pemeriksaan pertama di RSUD Lasinrang yang sesuai dengan protap Kementerian Kesehatan jika ada terindikasi terpapar virus ini. “Saat ini belum ada indikasi virus corona di Pinrang, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, jangan terpengaruh dengan berita-berita hoax,”ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat terus menjaga perilaku hidup sehat. “Apabila mengalami gangguan kesehatan dengan gejala batuk, demam, flu dan sesak nafas segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ” tutup Ino.(mnr)