Metro Pare

TP Festival, Stand TN Babul Pamerkan Goa Kalibbong Alloa di Pangkep

Pengunjung Satnd Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di TP Festival 2020

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Dirgahayu Kota Parepare ke- 60 bertajuk Topadalaoki Parepare (TP) Festival 2020 menampilkan pelbagai ajang promosi, hiburan, serta pameran. Tak kalah menarik, stand Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) menyajikan pameran wisata khusus selusur goa, utamanya di Goa Kalibbong Alloa. Goa tersebut berada di Belae, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

Hal tersebut diungkapkan Polisi Hutan TN Babul, Reli Krisbiantoro. Reli mengatakan, kebanyakan orang memahami Bantimurung sebagai wisata air terjun saja. Padahal, kata Reli, ada beberapa wisata yang layak dikunjungi. “Salah satunya wisata di Goa Kalibbong Alloa.,” kata Reli di Alun-alun Andi Makkasau kota Parepare, tepatnya di stand TN Babul, Sabtu 22 Februari.

Reli melanjutkan, pengunjung diharuskan menggunakan harnes (tali) untuk mencapai mulut goa. Sebab, mulut goa berada di tengah gunung itu. “Ketinggian mulut goa mencapai kurang lebih 150 meter dari permukaan tanah,” jelasnya.

Ia juga membeberkan, kawasan gua itu sudah dinobatkan menjadi taman nasional sejak 2004 lalu oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia. Sementara itu, Pemandu wisata Goa Kalibbong Alloa, Akil menjelaskan, di dalam gua itu memiliki ornamen yakni ‘Stalaktik’ dan ‘Stalakmit’.

Ornamen itu, kata dia, berasal dari tetesan air gunung yang membeku. “Tetesan air itu membutuhkan waktu kurang lebih 100 tahun untuk membentuk ornamen yang besar,” terangnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga disiapkan perlengkapan goa. Seperti, harnes, baju goa, helem, serta lampu penerangan.

Bukan hanya perlengkapan goa, pengunjung juga didampingi pemandu. “Sebab jarak tempuh di dalam goa itu kurang lebih satu kilometer, maka disiapkan pemandu sekaligus memperkenalkan ornamen yang ada di dalam,” pungkasnya. Perlu diketahui, banyak kupu-kupu dari pelbagai jenis yang dilindungi di Kawasan TN Babul.(mg2)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top