Tingkatkan Mutu Kerja, Akper Fatima Bakal Berangkatkan Alumni ke Jepang

  • Whatsapp
Tingkatkan Mutu Kerja, Akper Fatima Bakal Berangkatkan Alumni ke Jepang

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Pelbagai cara dilakukan Perguruan Tinggi (PT) Kesehatan Akademi Keperawatan (Akper) Fatima Parepare untuk meningkatkan mutu kerja bagi alumninya. Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Hi Global Yogyakarta. Kerjasama itu Dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan LPK Hi Global sekitar November 2019 atau empat bulan yang lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Akper Fatima, Agustina mengemukakan, pihaknya akan memberi kesempatan kepada para alumni Akper Parepare untuk kursus bahasa Jepang selama enam bulan di LPK Hi Global Yogyakarta Maret 2020 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Jika memenuhi kriteria, mereka lalu diberangkatkan ke Jepang. Mereka akan kerja di sana. Tugasnya, merawat para lansia yang ada di Jepang,” kata Agustina di sela-sela perayaan Dies Natalies ke-19 Akper Fatima di Aula Kampus Akper Fatima Jalan Ganggawa, kelurahan Ujung Bulu, kecamatan Ujung, kota Parepare, Kamis 20 Februari.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Alumni yang lulus kualifikasi Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3 dan N4, mereka lalu dijemput agen tenaga kerja Jepang.

” Pemberangkatannya bertahap, sesuai kesiapan para alumni LPK Hi Global dari seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dia menyebutkan, para perawat itu bakal kerja di Rumah sakit Jepang, rumah para lansia, dan ada juga di Panti Werda (Rumah Lansia Jepang).

“Kontraknya selama tiga tahun. Jika kontraknya habis maka akan dipulangkan kembali ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, mahasiswi semester tiga Akper Parepare, Theresia Anggun Pratiwi mengaku senang dengan adanya program tersebut. Menurutnya, hal itu dapat mengurangi angka pengangguran usai lulus kuliah.

“Saya harap peluang kerjanya tidak hanya di Negara Jepang saja, tetapi juga bisa diprogramkan di pelbagai Negara,” harap Theresia. (mg2)