Metro Pare

Tes SKD CPNS Digelar, Sekda Parepare: Jangan Tergoda!!!

Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad (menunjuk) dalam sebuah kegiatan

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2019 untuk lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mulai digelar hari ini, Senin, 10 Februari 2020. Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare menjadi pusat pelaksanaan tes SKD tersebut. Sudah dipastikan dijaga ketat. Selain diawasi oleh panitia yang dibekap aparat kepolisian, juga disiapkan alat pendeteksi logam, serta sistem sidik jari.

Ujian berbasis CAT tersebut, BKPSDM telah menyiapkan 230 unit komputer, 220 digunakan setiap peserta per sesi, dan 10 lagi cadangan. Tes tersebut akan berlangsung 10-16 Februari 2020, dimulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 18.00 Wita. Setiap sesinya diikuti 220 peserta tes dalam durasi setiap sesi 1,5 jam.  Olehnya itu, seluruh peserta CPNS tetap percaya diri, jangan tergoda dan diiming-imingi kelulusan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, H Iwan Asaad mengingatkan, saat pelaksanaan ujian CAT berlangsung, peserta harus mematuhi segala aturan yang ada, sehingga jalannya tes tersebut dapat berjalan dengan lancar. “Hari ini para CPNS sudah sampai pada sesi tes yang berbasis CAT, sebaiknya dalam melewati tes ini peserta benar-benar serius dan mematuhi segala aturan yang telah digariskan oleh panitia,” imbau Iwan saat dihubungi, kemarin..

Beberapa tahun terakhir dalam seleksi CPNS, pemerintah melaksanakan tes memakai sistem CAT. Dikutip dari laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), memaparkan bahwa sistem CAT menjamin seleksi CPNS lebih kompetitif, adil, obyektif, transparan, dan bebas dari KKN.  Dalam seleksi CPNS berbasis komputer ini, nilai dapat dimonitor langsung masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes, tujuannya untuk memperoleh ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, dan etika profesi dalam melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan. “Jangan percaya pada orang yang menawarkan diri untuk meluluskan. Sistem penerimaan CPNS ini sangat ketat dan penuh dengan akuntabilitas, transparansi dan pengawasan berlapis dengan sistem IT. Jadi, kalau ada pegawai atau oknum yang mengiming-imingi mampu meluluskan, langsung laporan ke panitia, sebut namanya dan identitasnya karena kami yakin itu penipu,” kata Iwan.

Sekda pun sangat mempercayai bahwa CPNS yang ada di ruang lingkup Pemkot Parepare, memiliki kompetensi yang unggul, sehingga tidak akan melakukan hal-hal yang akan merugikan peserta itu sendiri.”Percaya pada kemampuan diri sendiri, banyak berdoa dan memohon doa pula melalui orang tuanya masing-masing. Saya sendiri yakin para CPNS memili kompetensi yang baik,” kata Iwan. Untuk diketahui, peserta tes CPNS Parepare yang memenuhi syarat administrasi berjumlah 7336 orang, dan yang akan mengikuti SKD berbasis CAT berjumlah 7.333 orang. Sedangkan kuota yang mau diterima sekitar 162 orang. (mat)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top