Terima Bantuan Pemprov Rp 54,7 Miliar, Bupati Enrekang: Fokus untuk Infrastruktur

  • Whatsapp
Terima Bantuan Pemprov Rp 54,7 Miliar, Bupati Enrekang: Fokus untuk Infrastruktur

PAREPOS.CO.ID,ENREKANG— Dihari Jadi Kabupaten Enrekang ke-60, yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Kabere, Kecamatan Cendana, Rabu 19 Februari, lalu. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelontorkan anggaran dana sebesar Rp 54,7 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Enrekang yang diserahkan Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dan di terima langsung oleh Bupati Enrekang, H Muslimin Bando.

Gubernur Sulsel menuturkan, bantuan keuangan sebanyak itu untuk mensupport penuh pemerintah daerah dalam proses percepatan pembangunan. Sehingga, kata Nurdin Abdullah, akses ke sentra-sentra produksi pertanian atau peternakan dapat efektif dan efisien. “Semoga kita makin bersatu dan bersinergi untuk membangun bersama Enrekang, dan Sulsel ini menjadi lebih baik,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Mantan Bupati Bantaeng itu pun menjelaskan, bantuan keuangan ke daerah-daerah sengaja diperbesar agar daerah bisa berinovasi membangun wilayahnya dengan baik. Tahun 2019 total bantuan keuangan yang dikucurkan Pemprov ke Kabupaten mencapai Rp 300 miliar.
” Di Tahun 2020 ini, naik menjad Rp 500 miliar, jumlah itu didapatkan dari tindakan efisiensi-efisiensi dan tentunya ada peran dari para anggota DPRD Sulsel yang menyetujuinya. Menurutnya, selama 10 tahun jadi bupati di Bantaeng, dirinya tidak pernah dapatkan bantuan keuangan sebesar itu,”ungkapnya..

Bupati Enrekang, H Muslimin Bando memyampaikan terima kasih kepada Gubernur atas bantuan yang diberikan. “Kami sangat bersyukur atas bantuan keuangan dari Pak Gubernur. Bantuan itu sudah kami tuangkan dalam APBD tahun ini,” katanya. Muslimin Bando menjelaskan, bantuan keuangan yang diberikan akan difokuskan ke arah peningkatan infrakstruktur jalan dan jembatan. Hal itu, kata Bupati Enrekang dua periode itu, demi menunjang program Pemkab Enrekang dan Pemprov Sulsel dalam hal percepatan pembangunan.

“Bantuan itu kami sudah masukkan di APBD 2020, kami salurkan pada infrakstruktur seperti di akses Maroangin-Salu Kalama Rp3 miliar, Jembatan Mata Kali-Bulo Rp6 miliar serta Malawwe-Surakan Rp3 miliar dan beberapa titik lainnya. Selain bantuan dana Rp54,7 miliar, Pemda Enrekang juga menerima bantuan mobil truk sampah dan dana Rp200 juta untuk sanitasi jamban dari Bank Sulselbar,”ungkapnya.(*/ade)