Ajatappareng

Sosialisasikan Aplikasi e-RB Kemenkumham, Rutan Pinrang Menuju WBBM

PAREPOS.CO.ID, PINRANG—Tim Sekretariat Zona Integritas Rutan Pinrang, Senin 10 Februari, melaksanakan sosialisasi aplikasi Elektronik Reformasi Birokrasi (e-RB) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kepada anggota kelompok kerja (Pokja) Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Rutan.

Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran menjelaskan, e-RB ini merupakan aplikasi yang berbasis website, diterbitkan oleh Kemenkumham untuk memudahkan Tim ZI Satuan Kerja termasuk Rutan Pinrang dalam mengumpulkan dokumen Lembar Evaluasi (LKE) agar lebih efektif dan efisien. Proses kerja dari e-RB adalah sistem upload dokumen untuk masing-masing enam area perubahan pada laman yang telah disediakan.

Aplikasi ini, kata Ali Imran, akan dijadikan sebagai media pengumpulan data dukung, penyampaian informasi dan peraturan, serta menjadi media verifikasi pelaksanaan reformasi birokrasi yang lebih efektif dan efisien. Tujuan dan fungsi pemenuhan data dukung Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) adalah untuk menyamakan persepsi dan konsep seluruh data dukung agar tidak ada standar ganda ketika dilakukan evalusi oleh evaluator dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). ” Jika kita telah melengkapi data dukung PMPRB, sehingga secara otomatis WBK dan WBBM akan lebih mudah tercapai,”katanya.

Dashboard website tersebut akan dipantau langsung Menteri Hukum dan HAM serta Sekretaris Jenderal beserta Staf Khusus Menteri. “Jadi diharapkan tim dapat melengkapi data dukung secara maksimal,”singkatnya. Ditambahkannya, berbagai capaian yang dilakukan Rutan Pinrang tak lepas dari peran serta arahan dari mentor WBK Rutan Lapas di Sulsel yakniKakanwil Kemenkumham Sulsel, Drs Priyadi Bc IP. (*/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top