Sosialisasi Pekerja Migran, Pelayaran CTKI ke Malaysia Dilepas Presiden RI

  • Whatsapp
Sosialisasi Pekerja Migran, Pelayaran CTKI ke Malaysia Dilepas Presiden RI

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Menjelang keberangkatan Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) ke Negari Jiran, Malaysia pada bulan Maret 2020, mendatang. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi( Disnakertrans) Pemkab Polman bersama dengan Firdaus Gigo yang juga Staf Khusus Gubernur Sulbar dibidang tenaga kerja dan luar negeri, Selasa 18 Februari, menggelar rapat sosialisasi pemantapan keberangkatan para CTKI yang akan berangkat ke Malaysia. Dalam rapat tersebut, dibahas soal penempatan perlindungan serta pencegahan prosedural bagi Pekerja Migran Indonesia(PMI). Acara tersebut dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Polman, Asisten 1 dan Kadis Disnakertrans serta Firdaus Gigo yang berlangsung diruang Pola Kantor Bupati Polman.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Polman, H Abdul Salam mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini bertujuan agar semua Kades dapat menyampaikan ke masyarakatnya bahwa keberangkatan ke Malaysia untuk bekerja tidak perlu berangkat secara Ilegal lagi. Sebab, pemerintah sudah hadir untuk memfasilitasi, kalau ada warga Polman yang akan berangkat bekerja ke Malaysia untuk menjadi TKI. ” Kita berharap dengan hadirnya fasilitas ini, maka warga Polman tidak ada yang bekeja ilegal di Malaysia. Sebab sudah ada prosedural dan Pemkab Polman akan memfasilitasi semua keberangkatannya, dan hanya biaya chek up saja yang ditanggung oleh pekerja migran,”jelasnya.

Bacaan Lainnya

Abdul Salam mengakui, sangat banyak warga Polman yang bekerja di Malaysia yang tidak dilengkapi dokumen perjalanan, sedangkan data yang kita miliki itu hanya 30 orang yang berangkat setiap tahun. Namun, waktu kunjungan bupati ke malaysia banyak warga Polman yang bekerja di Malaysia tidak dilengkapi dokumen. “Sekali lagi, semoga dengan hadirnya fasilitas yang disiapkan pemerintah maka tidak ada lagi warga Polman yang ilegal di Malaysia,”katanya.

Sementara Itu, Firdaus Gigo mengatakan, terkait keberangkatan pekerja migran Indonesia ke Malaysia. Semua dokumen sudah dilengkapi dan rencana tanggal 24 Maret 2020, sudah ada pelayaran perdana dari Pelabuhan Tanjung Silopo, Kecamatan Binuang ke Pelabuhan Lahad Datu Malaysia yang mengangkut CTKI. “Bahkan rencananya, Presiden Jokowi yang akan melepas pelayaran perdana CTKI tersebut,”jelasnya. ” Semua dokumen sudah kita selesaikan, tidak ada kendala lagi semua sudah siap dan Tanggal 24 Maret. Kapal akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Silopo menuju ke Pelabuhan Sandakan, Malaysia,”tambahnya. (win)