Sosialisasi DD, Gubernur Imbau Jaga Hutan, Kajati: Program Jaga Desa

  • Whatsapp
Sosialisasi DD, Gubernur Imbau Jaga Hutan, Kajati: Program Jaga Desa

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menghadiri sosialisasi pengelolaan Dana Desa (DD), di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa 25 Februari, kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri pula Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kapolda Sulsel, Bupati dan Walikota se-Sulsel, para Kepala Desa se Sulsel serta undangan lainnya.

Gubernur Sulsel dalam sambutannya meminta dengan tegas kepada seluruh kepala desa agar menjaga lahan yang masih utuh dan melakukan konservasi hutan yang sudah dibabat oleh petani jagung. Menurutnya, keberadaan hutan di Sulawesi Selatan sudah sangat memprihatinkan karena ulah masyarakat yang membabat habis hutan.

Bacaan Lainnya

Mantan Bupati Bantaeng itu pun berharap, semua lahan yang sudah rusak agar dilakukan konservasi dan lahan yang masih utuh agar dijaga dengan baik, karena ini merupakan pertahanan kita agar terhindar dari bencana alam. “Hutan kita yang sudah rusak tinggal kita konservasi lagi, lahan yang masih utuh kita jaga bersama. Nah tolong seluruh kepala desa jangan sampai dibuka lahan baru lagi,” jelas Nurdin Abdullah dalam sambutannya, di acara

Arahan untuk menjaga hutan ini, kata Nurdin, tiada lain untuk kepentingan masyarakat. Sebab, sudah berturut-turut dua tahun terakhir mengalami bencana alam bahkan merenggut nyawa pada awal tahun 2019, silam. “Kita harus menjaga hutan kita demi kepentingan kita semua,” tambahnya. Pada setiap kesempatan Nurdin Abdullah menyampaikan betapa pentingnya bagaimana menjadi hulu agar tidak berefek pada bencana alam di hilir. Apa lagi lanjutnya, air memiliki sifat mencari tempat yang paling rendah untuk dilewati.

Terkait pelaksanaan sosialisasi DD, lanjut Gubernur, pihaknya menggandeng Kejaksaan Tinggi dan Kepolisian untuk mengawal penggunaannya, pengawasan dilakukan agar tidak ada penyalahgunaan yang berujung tindakan kriminal. Dengan adanya pengawasan ini, kita berharap penggunaan dana desa yang tepat program di semua desa bisa berjalan baik. Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Firdaus Dewilmar, mengatakan. pihaknya telah berjanji kepada Gubernur Sulsel untuk menjadi mitra strategis dalam mengawal dan menjaga dana desa agar tidak disalahgunakan. Firdaus menegaskan, untuk mengawasi dana desa pihaknya telah menyediakan program khusus yang bernama ‘Jaga Desa dan aplikasi pengelolaan dana desa. (*/ade)