Salurkan 1.517 Paspor CJH, Ini Penegasan Kepala Kantor Imigrasi Parepare

  • Whatsapp
Salurkan 1.517 Paspor CJH, Ini Penegasan Kepala Kantor Imigrasi Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare secara simbolis menyerahkan paspor calon jemaah haji (CJH) tahun 2020 di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Rabu, 26 Februari, kemarin. Penyerahan tersebut dihadiri perwakilan Kantor Wilayah Hak Asasi Manusia (HAM) Sulawesi Selatan (Sulsel), Sirajuddin, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Noer Putra Bahagia, pejabat struktural lingkungan kantor wilayah Kemenkumham Sulsel, dan para perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) di wilayah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Noer Putra Bahagia mengatakan, pihaknya menyerahkan paspor CJH di wilayah kerjanya meliputi Kota Parepare, Kabupaten Barru, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, dan Kabupaten Tana Toraja. “Alhamdulillah, Imigrasi Parepare sudah dua tahun ini memposisikan Ajatappareng di kloter pertama. Yang mana proses pembuatan paspor hanya selama sebulan, dan bisa teratasi tanpa hambatan,” katanya.

Bacaan Lainnya

Noer Putra merincikan jumlah pembuatan paspor tahun 2020 ini sebanyak 1.517 paspor, diantaranya, untuk Kota Parepare sebanyak 46 paspor, Kabupaten Soppeng 203, Wajo 407, Barru 172, Pinrang 293, Sidrap 254, Enrekang, 120, dan Kabupaten Tana Toraja sebanyak 22 Paspor. “Ada peningkatan 10 persen dari tahun lalu. Total paspor yang selesai akhir produksi adalah 1.517 paspor,” jelasnya.
Dia pun mengimbau kepada CJH dan masyarakat agar tidak merusak paspor dengan sengaja. “Pada dasarnya, paspor bukan milik individu, tapi dipinjamkan oleh negara. Sehingga tidak boleh dirusak secara sengaja dan sebaiknya jangan hilang. Termasuk juga tidak boleh disalahgunakan atau rusak karena akan ada sanksi atau denda jika hal tersebut dilakukan,”imbuhnya.
.
Perwakilan Kantor Wilayah HAM Sulsel, Sirajuddin, mengapresiasi kinerja Kantor Imigrasi Parepare yang tanggap menerbitkan paspor CJH tahun 2020. “Ini adalah pekerjaan yang sangat luar biasa, sehingga harapannya untuk kedepannya mengingat cepatnya paspor ini selesai. Termasuk kami juga mendoakan para CJH bisa sehat melaksanakan ibadah haji dan menjadi haji mabrur,” pungkasnya. (mg4)