Ajatappareng

Raih Predikat ‘B’ SAKIP Award 2019, Pinrang Peringkat Tertinggi di Sulsel

Sepuluh daerah peraih SAKIP Award 2019 di Sulsel dengan predikat B

PAREPOS.CO.ID,PINRANG– Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menetapkan predikat ‘B’ untuk Pemerintah Kabupaten Pinrang berdasarkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitasi Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo yang diterima langsung Inspektur Kabupaten Pinrang, Khaerudin Bakrie, Senin 24 Februari, di Ballroom Hotel Tenteram, Yogyakarta.

Dalam penyerahan penghargaan MenPANRB didampingi Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, HM Jufri Rahman dan Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah. Dari data yang dihimpun, dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulsel hanya 10 daerah yang memperoleh predikat B selain Kabupaten Pinrang diantaranya, Kota Makassar, Kabupaten Maros, Sinjai, Luwu Utara, Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Luwu Timur dan Bone. Sementara daerah lainnya hanya mendapatkan predikat CC. “Alhamdulilah, Pemerintah Kabupaten Pinrang meraih peringkat tertinggi diantara daerah lainnya di Sulsel,”ujar Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Pinrang, Syamsumarlin yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Syamsumarlin melalui pesan singkatnya mengakui, sangat bersyukur atas pencapaian tersebut, dan berkomitmen untuk lebih meningkatkan capaian yang telah diraihnya. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan pencapaian ke nilai BB atau nilai A pada tahun-tahun berikutnya. Karena belum ada satupun daerah di Sulsel yang mampu meraihnya,”katanya. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) merupakan produk akhir SAKIP yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/APBD.

SAKIP adalah sistem yang merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Sedangkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) adalah wujud pertanggungjawaban pejabat publik kepada masyarakat tentang kinerja lembaga pemerintah selama satu tahun anggaran. Dimana, secara lengkap memuat laporan yang membandingkan perencanaan dan hasil.(*/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top