Proyek Kereta Api, Menhub: Libatkan Swasta

  • Whatsapp
Proyek Kereta Api, Menhub: Libatkan Swasta

PAREPOS. CO. ID. BARRU — Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Dirjen Perkereta Apiaan dan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah kembali mengunjungi Proyek Kereta Api (KA) di Kabupaten Barru Sabtu, 29 Februari. Kedatangannya menggunakan helikopter dan disambut oleh bupati Barru Suardi Saleh bersama Forkopinda di Pelabuhan Garongkong.

Setibanya, Menhub dan Gubernur langsung melakukan peninjauan ke Pengerjaan Proyek Kereta Api kemudian meneruskan perjalanan melihat sarana Pelabuhan Garongkong sebelum kembali lagi ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Garongkong.

Bacaan Lainnya

Usai pemantauan, Menhub melakukan Rapat Koordinasi bersama pihak Kementerian Perhubungan, Gubernur Sulsel, Kejati, Pelindo, dan Forkopimda Kabupaten Barru termasuk Ketua Pengadilan Negeri Barru.

Menghub mengatakan proyek ini yang pertama di luar pulau Jawa dan Sumatera dan harus selalu dilakukan kajian untuk ide tambahan. Kereta api ini katanya berpotensi hasilkan Rp 500 miliar dan pemerintah sudah tunjuk swasta. Proyek ini akan menuju pabrik PT Semen Tonasa dan pabrik lainnya, sehingga mungkin tidak semuanya pakai uang Pemerintah. “Jadi pemerintah libatkan pihak swasta dalam proyek ini, “ungkapnya.

Kemudian untuk pelabuhan Garongkong potensinya cukup besar dan harus melibatkan pihak swasta. Garongkong juga diharapkan buka untuk semua dan Pemerintah punya kewenangan tunjuk BUMN atau BUMD. (mad)

Gubernur:

“Hari ini adalah Rahmat bagi Kabupaten Barru, menteri datang langsung meninjau lapangan”.