Ekonomi

PROPER 2019, Pertamina dan Tonasa Raih Peringkat Hijau

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum (Gakkum) dan Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Sulsel menyerahkan sertifikat kepada perusahaan peraih PROPER 2019

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Sebanyak 34 perusahaan di Sulsel meraih prestasi lingkungan dengan meraih Trophy Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) 2019 dan sertifikat. Lima diantaranya berhasil meraih prestasi dengan klasifikasi peringkat hijau, diantaranya PT Pertamina DPPU Hasanuddin, PT Pertamina TBBM Palopo, PT Pertamina TBBM Makassar, PT Semen Tonasa Pangkep dan
PT Vale Indonesia. Sedangkan 29 perusahaan lainnya meraih klasifikasi peringkat biru.

Penyerahaan penghargaan diserahkan Gubernur Sulsel melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum (Gakkum) dan Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Sulsel di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, kemarin.

Dari hasil penilaian kinerja perusahaan terhadap lingkungan yang ramah dan berkelanjutan di Sulawesi Selatan tahun 2018-2019 berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.1049/MENLHK/SETJEN/PKL.4/12/2019 menetapkan lima perusahaan memperoleh peringkat hijau dan sisanya sebanyak 29 perusahaan lainnya meraih peringkat biru.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat dalam sambutan gubernur mengatakan, memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada perusahaan yang telah dinyatakan berkinerja baik terhadap pengelolaan lingkungan yang baik dan berkelanjutan. Nurdin Abdullah meminta agar perusahaan yang ada di Sulsel terus berkonstribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja dan ikut terus mendorong percepatan pembangunan di Sulsel.

Kehadiran para perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang di sulsel itu turut mendorong hadirnya kesejahtraan masyarakat dan tak kalah pentingnya adalah menatakelola perusahaan dengan menjaga lingkungan yang ramah dan berkelanjutan, ikut serta memperkuat pengelolaan pengembangan hayati dan pemberdayaan masyarakat. Bahkan pertumbuhan ekonomi sulsel 7.2 persen diatas nasional 5.1 persen serta inflasi diangka terkendali 3.1 persen itu karena adanya konstribusi dari para investor yang bergerak dalam berbagai bidang di Sulsel.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Andi Hasdullah mengatakan, Award PROPER ini adalah anugerah bergensi bagi tatakelola usaha yang ramah lingkungan berkelanjutan, karena hasil proper itu diumumkan ke ruang publik termasuk pasar sehingga usaha yang berprestasi lingkungan itu tidak saja dapat penghargaan dari pemerinrah tapi juga dapat penghargaan dari masyarakat dan pasar.

Hasdullah pun meminta dan mendorong kepada para perusahaan untuk naik kelas peringkat. ” Kita minta yang dapat merah naik jadi biru, naik jadi hijau dan sampai dapat top gold/emas PROPER untuk terus berprestasi. DLH akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola usaha yang tidak hanya berorientasi profit semata, tapi juga berorientasi lingkungan yang baik dan berkelanjutan,”ungkapnya.(*/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top