Penyaluran Dana Desa, Barru Diganjar Berkinerja Baik

  • Whatsapp
Penyaluran Dana Desa, Barru Diganjar Berkinerja Baik

PAREPOS.CO.ID, BARRU — Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan Kabupaten Barru sebagai daerah berkinerja baik dalam penyaluran dana desa. Hal itu terungkap saat pengukuhkan relawan Baznas yang dilakukan langsung Bupati Barru, Suardi Saleh. ” Kabupaten Barru ditetapkan sebagai salah satu dari sekitar 20 daerah di Indonesia yang berpredikat baik dalam kinerja penyaluran dana desa dan tata kelola pemerintahan desa,”ujarnya.

Penetapan tersebut, sesuai dokumen yang diedarkan Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Dirjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI, mengenai penyampaian daftar pemerintah daerah yang memiliki predikat kerja baik dalam penyaluran dana desa TA 2019. “Barru bersama Maros mewakili Sulsel,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Predikat berkinerja baik ini pun, kata Bupati, diumumkan pada Rapat Kerja Percepatan dan Penyaluran Dana Desa se-Sulsel di Makassar, beberapa waktu lalu dan dihadiri kepala daerah se-Sulsel. “Barru berhasil memenuhi kriteria yang ditentukan pusat dengan dua tahap. Masing-masing penyaluran dana dan tata kelola pemerintahan desa,”jelasnya.

Terpisah, Kepala DPMD Barru, Jamaluddin menambahkan, predikat dari Kemenkeu tidak lepas dari sinergitas yang terbangun selama ini, baik dari Pemkab dan aparatur desa dalam memaksimalkan dana desa untuk kegiatan yang tepat sasaran, maupun berusaha menghindari atau mengantisipasi penyimpangan dana desa.

Seperti diketahui, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo agar pemanfaatan dana desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan pemanfaatannya melalui program padat karya yang memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat miskin di Desa. Kemudian, penggunaan dana desa digunakan untuk mengarahkan sektor produktif di tingkat desa. Serta pengelolaan pemanfaatan desa harus di manajemen dengan baik. Dan untuk percepatan penyaluran dana desa, maka penyaluran dana desa ini nantinya akan langsung di transfer ke kas desa tanpa melalui kas daerah atau kabupaten.

“Selain predikat sebagai daerah yang memiliki kinerja terbaik oleh Kemenkeu. Pemkab Barru juga telah disampaikan bahwa manajemen pertanggungjawaban keuangan untuk semua desa telah diterima lengkap, sehingga untuk saat ini Kabupaten Barru merupakan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang telah menerima penyaluran Dana Desa ke rekening masing-masing Desa,”ujar Jamaluddin.(mad)