Sulawesi Barat

Pemkab-BPS Majene Gelar Rakorda Sensus Penduduk 2020

PAREPOS. CO. ID, MAJENE–Pemkab Majene bersama badan pusat statistik (BPS) Majene menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) sensus penduduk tahun 2020 (SP2020) berlangsung di ruang pola kantor Bupati Majene, Senin, 24 Februari 2020. Rakorda tesebut dihadiri Bupati Majene, Fahmi Massiara, Ketua DPRD Majene, Salmawati Djamado, Kepala BPS Majene, Syihabuddin, unsur forkopimda, pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Kepala BPS Majene, Drs. Syihabuddin mengatakan sensus penduduk pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 1961. Sehingga sensus penduduk tahun 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7 karena sekali dalam sepuluh tahun. Pada tahun 2020 ini, ada 54 negara yang akan melakukan sensus penduduk, termaduk Indonesia. Setiap negara harus menyelenggarakan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali.

“Adapun tema yang diusung dalam sensus penduduk tahun 2020 ini adalah “mencatat Indonesia menuju satu data kependudukan untuk Indonesia maju”. Ucapnya.

Dia menambahkan ada dua tujuan utama sensus penduduk 2020 seperti
pertama menyediakan data Jumlah komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure. Serta kedua menyediakan parameter demokrasi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk. Dengan demikian data hasil SP2020 tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan di masa ini tetapi juga mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan.

Bupati Majene, Fahmi Massiara menjelaskan manfaat SP2020 ini karena kebutuhan akan datang bisa valid dan merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan. Sebab, dengan data yang berkualitas perencanaan pembangunan menjadi lebih tajam dan lebih tepat sasaran.

Selain itu, data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memiliki data kependudukan yang akurat, lebih jauh lagi sangat penting juga untuk memiliki satu sumber data kependudukan.

“Sehingga kita dapat lebih kuat pijakannya dalam merencanakan sesuatu program maupun kebijakan. berangkat dari situasi demikian, saya sangat mengapresiasi ketika sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan 10 tahun sekali ini memiliki tujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan untuk Indonesia Maju,” pungkasnya. (edy)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top