Menatap Era Industri 4.0, Siswa SMKN 3 Pangkep Studi Tour Industri

  • Whatsapp
Menatap Era Industri 4.0, Siswa SMKN 3 Pangkep Studi Tour Industri

PAREPOS.CO.ID, PANGKEP — Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, siswa kejuruan teknik listrik SMK Negeri 3 Pangkep kunjungi PT Japfa Comfeed Indonesia, dalam rangka studi tour industri.

Rombongan yang diikuti 60 siswa jurusan listrik ini diberikan pembengkalan wawasan dalam menatap era industri 4.0. Hal itu diungkapkan Koordinator Rombongan, Dr Muh Iswal Burhan salah satu tenaga pengajar SMK Negeri 3 Pangkep.

Iswal sapaan akrabnya, mengemukakan, dalam menghadapi tantangan revolusi Industri 4.0 sudah seyogyanya Pendidikan Vokasi sebagai pencetak generasi yang siap bersaing di dunia industri membekali siswanya dengan semua aspek yang dapat menjadi bekal dalam menjawab tantangan masa depan, salah satunya dengan mengenal sejak dini dunia industri.

“Kemajuan industri saat ini berkembang pesat. Tentunya dengan begitu, kita pun sebagai tenaga pengajar bagaimana membuat terobosan program untuk dapat membekali anak didik dalam menatap era industri 4.0 ini. Dengan begitu, selain teori materi yang kita berikan kepada anak didik, harus pula dibarengi dengan wawasan pengenalan Industri diluar sana,”ujarnya.

Hal inilah yang menginisiasi Jurusan Teknik Listrik SMKN 3 Pangkep menjadikan Study Tour atau Industry Tour sebagai salah satu program rutin. Turut hadir dalam kunjungan ini Wakil Kepala sekolah bidang Kurikulum Jamaluddin, S.Pd, M.Pd dan Ketua Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 3 Pangkep Firman, S.Pd serta beberapa Tenaga pengajar Jurusan Listrik. Dalam kunjungan itu siswa banyak melihat sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang mesin mesin listrik yang digunakan diindustri yang belum pernah mereka lihat disekolah.

Selain mengunjungi Industri pada kegiatan itu juga disempatkan mengunjungi salah satu SMK terbaik di Makassar yaitu SMKN 5 Makassar (STM Pembangunan) sebagai bahan pembanding dalam hal kurikulum, pembelajaran dan aturan yang berlaku khususnya di jurusan Listrik. Firman selaku Ketua Jurusan Teknik Listrik mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini akan lebih diintensifkan. “Jika yang tadinya cuma sekali setahun, kita agendakan kegiatan ini dilaksanakan tiap semester,”katanya. (awi)