KPPN Canangkan ZI WBK dan WBBM, Ini Kata Kajari Parepare

  • Whatsapp
KPPN Canangkan ZI WBK dan WBBM, Ini Kata Kajari Parepare

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Parepare mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Aula KPPN Parepare, kemarin. Penguatan ZI dalam menjaga amanat sistem reformasi birokrasi lingkup lembaga Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dihadiri pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD dan lembaga vertikal.

Kepala KPPN Parepare, Nurzaid mengatakan, pihaknya akan berperan secara aktif dalam pencegahan tindak pidana korupsi di wilayah instansinya. “Ikrar kami yakni memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan. Kita lakukan pelayanan prima sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan tanpa biaya,” katanya. Nurzaid juga mengajak seluruh instansi daerah agar mendukung program pemerintah pusat mengenai ZI WBK dan WBBM

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kejaksaan Negeri Parepare, Amir Syarifuddin mengatakan berkaitan dengan proses penegakan hukum.
“Kita memiliki tugas dan kewenangan di bidang penyidikan untuk pidana korupsi, dan penuntutan pidana umum. Kita mendukung kegiatan ini sebagai upaya pencegahan,” jelas Amir Syarifuddin. Amir pun berharap seluruh organisasi memberikan pelayanan kepada publik secara cepat tanpa ada kepentingan tertentu. Memberikan pemahaman pada instansi tentang korupsi sebagai langkah pencegahan. “Itulah yang kami rasa tujuan dari pencanangan ZI WBK dan WBBM,” katanya.

Kejaksaan, kata Amir, akan melakukan pencegahan dan penindakan yang dibuat secara berimbang. Artinya, mekanisme penegakan hukum yang dilakukan dalam suatu dugaan tidak serta merta langsung dilakukan penindakan. “Harus bersinergi dulu dengan pemerintah daerah. Karena Kejaksaan adalah bagian dari aparat sipil negara. Jadi, tidak langsung ditindaki, melainkan dilakukan sinergitas dan koordinasi. Tindakan bisa dilakukan bisa saja tidak,” pungkas Amir Syarifuddin. (mat)