Metro Pare

Kemenag RI Bakal Jadikan KUA Bacukiki Percontohan Pusaka Sakinah

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE — Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia memberikan mandat sebagai pilot project Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah di tiga Kantor Urusan Agama (KUA) di Sulawesi Selatan. Salah satu yang diberikan mandat adalah KUA Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

Hal itu diungkapkan, Kepala Sub Direktorat Bina Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kemenag Republik Indonesia (RI), M Adib Machrus. “Kami akan meningkatkan peran dan fungsi KUA dari ‘Kantor Urusan Asmara’ menjadi kantor layanan keluarga sakinah,” kata Adib, Kamis 13 Februari.

Maksudnya, lanjut Adib, KUA Bacukiki harus menjadi ‘role model’ pelayanan keluarga sakinah. “Tidak hanya beriorientasi pada Pencatatan/administrasi saja, tapi gedung ini harus mampu memberikan manfaat yang besar untuk pelayanan ke masyarakat,” tegas Adib.

Ia juga menjelaskan beberapa item program bimbingan teknis (Bimtek) yang akan diberikan oleh Pusat Layanan Keluarga Sakinah itu. “Jadi ini bukan siapa Kepala KUA nya, tapi ini soal nilai layanannya,” kata Adib.

Tujuan bimtek itu, kata dia, agar dapat meningkatkan kualitas layanan serta membentuk kerjasama antar pegawai KUA. “Jadi semua pegawai kebagian Bimtek agar pelayanannya bagus. Namun, Kepala KUA akan dibekali bimtek khusus yakni mengelola jejaring lokal,” jelas Adib.

Pada kesempatan yang sama, Alissa Wahid, mengungkapkan bahwa pelayanan pegawai kantor di setiap KUA dapat berjalan dengan optimal. “Tentu kita ingin masyarakat Indonesia menjadi keluarga yang tangguh, sakinah mawadah warahmah, dan membawa maslahat, terkhusus di pelayanan kantor KUA Bacukiki ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Bacukiki, Taufiqur Rahman, mengaku bersyukur atas terpilihnya KUA Bacukiki sebagai pilot project Pusaka Sakinah. “KUA yang terpilih akan diberikan anggaran tambahan untuk pengembangan program, termasuk bimtek untuk pegawai,” pungkasnya.(mg2)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top