Ajatappareng

Keciprat Dana BK Rp 45,3 Miliar, HUT Sidrap ke-676 Semarak

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah diapit Bupati dan Wakil Bupati Sidrap di Hari Jadi Kabupaten Sidrap ke-676

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP– Peringatan Hari Jadi ke-676 Sidenreng Rappang (Sidrap) berlangsung semarak di Lapangan Kompleks SKPD Sidrap, Selasa 18 Februari, kemarin. Hari jadi kali ini mengangkat tema ‘Melalui Hari Sidenreng Rappang ke-676, Kita tingkatkan Semangat Kerja, Persatuan dan Kebersamaan Mewujudkan Sidrap yang Maju, Sejahtera dan Religius’.

Kegiatan tersebut dihadiri, Gubernur Sulawesi Selatan, H M Nurdin Abdullah bersama istri Hj Liestiaty F Nurdin dan disambut Bupati Sidrap, H Dollah Mando dan Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf. Acara diawali simfoni kecapi kolosal yang disusul dengan tari kolosal pula. Selanjutnya ada pemutaran lagu-lagu daerah serta video profil Sidrap. Peringatan juga diisi penyerahan hasil Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu 2020 dari Bupati Sidrap ke Gubernur Sulsel.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah di HUT Sidrap ke-676 memberikan bantuan keuangan pembangunan daerah ke Sidrap sebesar Rp45,3 miliar. Selain bantuan dana, Nurdin Abdullah juga menyerahkan 5 unit mobil pelayanan untuk Pemkab Sidrap. Mobil tersebut yakni 1 mobil paramedis, 1 damkar, 2 unit bus sekolah dan 1 truk. “Saya harap bantuan yang kita berikan dijaga dan dirawat serta digunakan dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan prima ke masyarakat,” ucap Nurdin Abdullah.

Sementara untuk bantuan dana sebesar Rp45,3 miliar itu diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya dalam meningkatkan pembangunan daerah. Mantan Bupati Bantaeng tersebut menyampaikan aparesiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Sidrap serta segenap stakeholder yang luar biasa akselerasi dalam pembangunan di Sidrap.

Disebutkan, dirinya terkesima dengan penampilan siswa dari Madrasah Tsanawiyah IMP Rappang. Begitu kompak dan bernuansa nasional. “Ini membuktikan bahwa pemerintah hadir untuk mendorong bagaimana peningkatan sumber daya manusia. Menjadi pelajaran bagi kita semua kalau kita bersinergi tidak ada masalah yang sulit,” ujarnya. Nurdin Abdullah pun mengaku, langkah yang telah dilakukan Bupati Sidrap dan Wakil Bupati Sidrap, tiga tahun ke depan Sidrap akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi Selatan. “Sekali lagi saya berharap kita semua di Kabupaten Sidrap ini dapat menjaga keutuhan. Jaga baik-baik pemimpin kita, apalagi Unhas sudah berada di Sidrap,” tandasnya.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sulsel. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk pelayanan publik dan peningkatan pembangunan Sidrap ke depan,” ucapnya. Mantan Wakil Bupati Sidrap dua periode itu mengatakan, peringatan hari jadi yang dirayakan setiap tahunnya, memiliki arti penting sebagai momentum dalam memahami sejarah dan jati diri sebagai satu entitas daerah. “Ini menjadi momentum mengevaluasi capaian kinerja pembangunan, sekaligus sarana silaturahmi segenap pemangku kepentingan dalam mewujudkan daerah yang lebih baik lagi dimasa datang,” tuturnya.

Pada kegiatan itu pula, Gubernur Sulsel meresmikan lima proyek tahun anggaran 2019 dan menyematkan satya lencana kepada perwakilan ASN. Di kesempatan itu juga diserahkan 40 hadiah umrah kepada aparat dan masyarakat berprestasi yang diterima tiga orang perwakilan.
Yang spesial, momen tersebut ditandai penandatanganan MoU antara Pemkab Sidrap dan Universitas Hasanuddin.

Sejumlah tamu undangan turut hadir dalam peringatan itu. Di antaranya, Anggota DPR RI, La Tinro La Tunrung, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, Anggota DPRD Sulsel, H Zulkifli Zain dan Walikota Parepare, H Taufan Pawe. Turut hadir, Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu yang datang bersama sejumlah profesor dan jajarannya. Sejumlah Forkopimda dan para anggota DPRD Sidrap, ikut hadir diantaranya Ketua DPRD, H Ruslan yang sekaligus membacakan sejarah singkat Hari Jadi Sidrap. Ketua Pengadilan Negeri, Ernawaty, Dandim 1420 Letkol J P Situmorang, Kapolres, Leonardo Panji Wahyudi, dan Kajari Sidrap Djasmaniar. Selanjutnya Ketua TP PKK Sidrap, Hj Mulyani Dollah, Ketua Persit KCK Kodim 1420, Yohana Situmorang, Ketua Bhayangkari, Chicha Leo dan Ketua IKA DPRD Sidrap, Hj Kasmawati Ruslan.(*/ade)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top