Gerindra Uji Kelayakan Cakada

  • Whatsapp
Gerindra Uji Kelayakan Cakada

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Partai Gerindra Sulsel saat ini melakukan fit and proper tes (uji kelayakan dan kepatutan) calon kepala daerah (cakada) yang bertarung di pilkada serentak tahun ini.

Uji kelayakan dan kepatutan diikuti Cakada dari Bulukumba, Selayar, Maros, Pangkep, Toraja Utara, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Ketua DPD Gerindra Sulsel HA Iwan Darmawan Aras, Selasa 18 Februari kemarin mengatakan, saat ini Gerindra Sulsel sementara melakukan fit and proper tes bagi calon kepala daerah yang akan diusung partai Gerindra. “Sekarang lagi tahapan fit and propert tes bagi calon kepala daerah,” kata anggota DPR-RI dari Fraksi Gerindra ini. Soal siapa kader Gerindra yang akan dipersiapkan dalam pilkada di Maros, Pangkep, Barru, Gowa, Andi Iwan mengaku hingga saat ini belum mengerucut siapa figur.

Bacaan Lainnya

Termasuk kemungkinan wacana Gerindra akan mengusung calon petahana di daerah yang akan melaksanakan pilkada. “Belum ada yang mengerucut ndi,” kata AIA–sebutan Andi Iwan Darmawan Aras.
Sebelumnya, Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel Sawaluddin Arief menegaskan, bakal cakada yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPD Gerindra memiliki peluang sama. Menurut Sawal saat ini tujuh dari 12 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak telah mengikuti fit and proper tes.

Figur cakada yang mengikuti uji kelayakan berasal dari Bulukumba, Selayar, Maros, Pangkep, Toraja Utara, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Sementara bakal cakada yang mendaftar di DPC Gerindra Makassar, Tana Toraja, Barru, Gowa dan Soppeng hingga kemarin belum mengikuti fit and proper tes. “Calon dari empat kabupaten/kota ini nanti mengikuti fit and proper tes tanggal 24 Februari. Semua yang ikut fit berpeluang sama untuk mengendarai Gerindra,” kata Sawal.

Ia menjelaskan, seusai fit and proper tes, seluruh bakal calon, yang mendaftar di Gerindra sisa menunggu hasil survei, dan hasil pembobotan oleh dewan pakar dan akademisi.”Terakhir itu adalah penilaian desk pilkada hasil fit and proper tes, sebelum nama-nama calon tersebut dikirim ke DPP,” pungkasnya. (rif)