Duh, Tingkat Kedisiplinan jadi Perhatian, 87 ASN Mangkir di Apel HKN

  • Whatsapp
Duh, Tingkat Kedisiplinan jadi Perhatian, 87 ASN Mangkir di Apel HKN

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Hari kesadaran Nasional (HKN) yang dilaksanakan secara rutin tanggal 17 setiap bulannya merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan merupakan perwujudan betapa pentingnya kesadaran Aparat Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan kedisiplinan dan semangat bekerja. Namun, faktanya masih ada juga ASN yang tidak menyadari akan hal itu. Seperti yang terjadi di Kota Parepare.

Sebanyak 87 ASN ternyata tidak hadir atau mangkir mengikuti apel HKN, Senin 17 Februari, kemarin di halaman Kantor Walikota Parepare. Untuk mengevaluasi tingkat kedisiplinan pegawai lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Usai Apel HKN, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, H Iwan Asaad mengumpulkan para pejabat eselon lingkup Pemkot Parepare. Hadir juga Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dan Wakil Walikota Parepare, H Pangerang Rahim.

Bacaan Lainnya

Sekda Iwan Asaad mengatakan, tujuan dikumpulkannya pejabat eselon ini, untuk mengecek mereka yang tidak hadir. Termasuk juga mengecek kelengkapan seragam ASN. “Saat dicek, memang ada beberapa yang tidak hadir. Apalagi peringatan HKN untuk evaluasi kedisipilinan pegawai,” kata Iwan. Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengingatkan agar ASN tetap meningkatkan kedisiplinan, terutama para pejebat eselon II. “Menjadi pejabat eselon tidak gampang dan karena itu perlu dijaga dengan baik, terutama dalam kedisiplinan,” tegas Taufan Pawe.

Walikota juga menyampaikan ASN yang menduduki jabatan eselon II harus berbangga diri.  “Menjadi pejabat eseolon bukan hal yang gampang. Karena itu kedispilinan perlu juga dengan baik. Apalagi, Insya Allah uang makan minum akan ditingkatkan tahun ini,” ujar Taufan Pawe.
Asisten III Pemkot Parepare, Haryanto menyebutkan, jumlah ASN yang tidak hadir sebanyak 87 orang yang tersebar di 24 Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Parepare. “Rekapitulasi ASN tidak hadir pada Apel HKN ada 87 orang,” pungkasnya.

Haryanto merincikan puluhan ASN tidak hadir tersebut, yakni 10 orang dari Kecamatan Bacukiki Barat, Sekretariat Daerah ada delaoan orang, Dinas Tenaga Kerja, 8 orang, Badan Keuangan Daerah (BKD), 7 orang, Dinas Kesehatan, 6 orang, Badan Kesbangpol, 4 orang, Kecamatan Ujung, 4 orang, Kecamatan Soreang, 4 orang, Kecamatan Bacukiki, 3 orang. “Seperti biasanya, mereka yang tidak hadir tersebut akan dipanggil khsusus untuk mempertanggung jawabkan ketidakhadirannya,” pungkasnya. Sekedar diketahui, berdasarkan data BKPSDM hingga per 31 Januari 2020, total jumlah PNS lingkup Pemkot Parepare tercatat 3.783 orang, terdiri dari PNS laki-laki 1.479 orang dan wanita 2.307 orang. (anj)