Dua Tahun Raih Predikat ‘CC’ di SAKIP Award 2019, Pangkep tak Kebagian DID

  • Whatsapp
Dua Tahun Raih Predikat 'CC' di SAKIP Award 2019, Pangkep tak Kebagian DID

PAREPOS.CO.ID,PANGKEP–Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan berhasil meraih prestasi memuaskan terkait implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 dengan predikat “CC” oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Senin 24 Februari, lalu di Yogyakarta.

Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP daerah provinsi kabupaten dan kota tahun 2019, Pangkep kembali memperoleh predikat CC dengan nilai 58,94 atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya meraih 58,12. Dari data yang dihimpun, salah satu komponen yang dinilai dan patut menjadi perhatian adalah pelaporan kinerja dimana dari bobot 15 nilai yang diraih hanya 9,83 atau meningkat 0,21 poin dari tahun sebelumnya 9,62.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya itu, perencanaan kinerja dari bobot 30 hanya mampu meraih nilai 18,95, begitupun pengukuran kinerja dari bobot 25 hanya mampu meraih 13,44. Bahkan dari evaluasi internal dari bobot 10 hanya mampu mendapat nilai 5,86 dan capaian kinerja dari bobot 20 hanya meraih nilai 10,86.

Dampak dari hasil yang diraih, dalam dua tahun terakhir berdampak tidak diterimanya Dana Intensif Daerah(DID). Hal itu dibenarkan Pelaksana Harian Sekda Pangkep, Hj Jumliati yang mengatakan, dengan nilai tersebut KemenPANRB merekomendasikan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk tidak memberikan DID kepada Pemkab Pangkep.

Kabag Organisasi Setda Pangkep, Iman Takbir menuturkan, tahun sebelumnya SAKIP tupoksinya ada di Badan Perencanaan Daerah(Bappeda). Namun, tahun ini tupoksinya telah dialihkan ke Bagian Organisasi. Olehnya itu, kata Imam, untuk memperbaiki nilai SAKIP tahun berikutnya, maka pihaknya akan membentuk tim yang solid untuk selalu mengevaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setiap tahunnya.

Tujuannya agar OPD semakin efektif,  efisien dalam melaksanakan tupoksi dan memanfaatkan anggaran yang ada. “Tim yang kita bentuk, adalah tim yang solid yang punya kapabilitas, yang akan melakukan pendampingan langsung ke OPD,”jelasnya. Pemkab Pangkep terakhir menerima DID tahun 2018 dengan nilai Rp22 miliar.

Dari data yang dihimpun Parepos Online, selain Kabupaten Pangkep terdapat tiga belas daerah lainnya yang juga meraih predikat ‘CC’ di SAKIP Award 2019. Diantaranya, Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten Toraja Utara, Tator, Wajo, Barru, Luwu, Soppeng, Selayar, Sidrap, Enrekang, Takalar dan Jeneponto (awi)