Begini Prosesi Penobatan Addatuang Sidenreng ke XXV, Andi Faisal Sapada

  • Whatsapp
Begini Prosesi Penobatan Addatuang Sidenreng ke XXV, Andi Faisal Sapada

PAREPOS.CO.ID, SIDRAP — Andi Faisal Sapada resmi dilantik sebagai Addatuang Sidenreng ke XXV. Acara tersebut digelar di eks kantor Bupati lama Sidrap, Senin, 24 Februari 2020.

Sebelum penobatan, Andi Faisal terlebih dahulu digiring masuk ke lokasi dengan cara dilekke atau diangkat pakai walasoji dengan pengawalan ketat.

Bacaan Lainnya

Dalam proses itu, turut didampingi 2 orang Pajjujung Panamppa, Bunyi Kanci 2, Lea-Lea 2, Beccing 2, dan Pisau Curiga 2 orang.

Setelah itu, Andi Faisal memasuki gerbang dan melewati berbagai prosesi adat istiadat yang sudah turun temurun dilakukan sebelum penobatan Addatuang Sidenreng.

Tradisi tersebut diantaranya dengan menginjak Paluttu, lalu menginjak tanah Menroja Batu, kemudian mattuppu Umpa Sikati, dan pengsucian.

Prosesi tersebut dikawal oleh bissu asal Pangkep Sulawesi Selatan. Setelah itu, Andi Faisal Sapada ditarik memakai lawolo naik ke kursi Addatuang Sidenreng ke XXV.

Penobatan Andi Faisal Sapada sebagai Addatuang Sidenreng ke XXV dilakukan oleh para puang matoa, pabbicara dan puang lolo.

Ketua Panitia Penobatan, Andi Cacang mengatakan, semua prosesi penobatan itu dilakukan secara adat dan menjadi turun temurun.

“Ini sudah menjadi turun temurun dilakukan saat pelaksanaan penobatan Addatuang Sidenreng,” ucapnya.

Acara adat itu disaksikan langsung oleh raja-raja se-Nusantara, termasuk Ketua Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Raja-Raja Nusantara, Irjen Pol Etward. (ira/ade)