Barru Alokasikan AUTP, DTPHP: Satu-satunya di Sulsel

  • Whatsapp
Barru Alokasikan AUTP, DTPHP: Satu-satunya di Sulsel

PAREPOS.CO.ID,BARRU– Pemerintah Kabupaten Barru kembali mendapat pengakuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam terobosannya di bidang pertanian. Hal itu diungkapkan, Kepala Bidang PKP Dinas Tahanan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP)
Provinsi Sulsel, Muas yang menilai daerah tersebut mempunyai sisi pembeda dalam memperhatikan kesejahteraan para petani. “Kabupaten Barru menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalokasikan anggaran Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP),” ujar Muas saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi Asuransi Usaha Tani Padi, dan Asuransi Usaha Ternak Sapi Kerbau (AUTP/AUTS-K), beberapa waktu lalu.

Di depan peserta rapat koordinasi yang dibuka Bupati Barru Suardi Saleh, Muas mengaku bila asuransi yang diterapkan Pemkab Barru berbeda dengan daerah lain. Selain pengelolaanya, juga bisa membantu para petani jika terjadi gagal panen. Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh dalam sambutannya, mengurai jika 100 persen petani yang tanaman gadu akan masuk asuransi. Apalagi, pihaknya sudah menganggarkan petani yang mengelola lahan gadu. “Namun seperti yang sering kami sampaikan bahwa tidak akan mungkin diasuransikan kalau tidak jelas sumber airnya. Kenapa? Karena petani akan bekerja sia-sia bila tetap menenami lahannya kalau tidak memiliki sumber air jelas,” jelas Suardi Saleh.

Bacaan Lainnya

Khusus wilayah yang rawan banjir, pihaknya meminta semua stakholder terkait untuk mengajak para petani untuk diasuransikan. Termasuk Dinas Pertanian harus setiap saat turun memantau dan melihat langsung apa kebutuhan para petani. “Saya berharap Pak Kadis Pertanian untuk banyak turun melihat apa keperluan petani kita,”harapnya.(*/ade)