Bappeda Parepare Optimis Raih Level 3 SPIP, Ini Upayanya

  • Whatsapp
Bappeda Parepare Optimis Raih Level 3 SPIP, Ini Upayanya

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, harus berkonstribusi untuk meraih level tiga penyelenggaraan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP).  Terlebih, Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Inspektorat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah melaksanakan rapat penilaian secara menyeluruh yang digelar di ruang rapat Bappeda Parepare, beberapa waktu lalu.

Rapat yang membahas tentang konsep pedoman hingga pengukuran keberhasilan penyelenggaraan SPIP dengan metodologi yang dapat mengukur peran SPIP dalam mendukung penyelenggaraan akuntabilitas. Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, dirinya sangat optimis dapat meraih level tiga pada penyelenggaraan SPIP.

Menurutnya, beberapa indikator utama sudah pihaknya penuhi. Pemkot Parepare sendiri, kini berada pada level 2.8 SPIP, kami optimis dapat meraih target tersebut, karena indikator utama sudah kita penuhi. Seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), rencana kerja, laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Lakip) SKPD, dan beberapa indikator lainnya.

Samsuddin mengungkapkan, Bappeda berperan sebagai koordinator perencana semua SKPD dan Inspektorat sebagai pengawal. Sehingga, beberapa SKPD juga akan dikunjungi BPKP untuk melihat dokumen kesiapan dalam mendukung visi misi pemerintah. “Setelah Bappeda dan Inspektorat, semua SKPD juga harus berkontribusi mewujudkan tiga pilar dalam mewujudkan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. Jadi, insyaa Allah Parepare bisa, apalagi sekarang kita sudah berada di level 2.8. Sisa 0.2 lagi kita berada di level 3,” ungkapnya.

Auditor BPKP Sulsel, Andi Sukman, menuturkan semua yang dipaparkan Bappeda Parepare dalam rapat sudah sesuai, tinggal menunggu beberapa dokumen pembuktian untuk dianalisis.  “Semuanya sudah on the track (sesuai jalannya), dengan pemaparan dari Bappeda. Saya yakin Parepare bisa meraih level 3 SPIP. Sisa kami menunggu dokumen sebagai pembuktian untuk kami analisis, sebagai bukti pencapaian visi dan misi walikota,” pungkasnya. (mat)