Anggaran Infrastruktur tahun 2020 Sebesar Rp19,9 M

  • Whatsapp
Anggaran Infrastruktur tahun 2020 Sebesar Rp19,9 M

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–Tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengalokasikan anggaran cukup memadai untuk sektor infrastruktur jalan, baik peningkatan jalan maupun perbaikan jalan yang tersebar dalam wilayah Kota Parepare. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yakni Rp6,2 miliar. Anggaran ini untuk perbaikan jalan rusak.

Selain itu, juga ada anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp5 miliar untuk rehab jalan. Tak hanya itu, juga disiapkan anggaran sebesar Rp8,7 miliar untuk peningkatan jalan. Jadi total anggaran untuk pembenahan infrastruktur jalan tembus 19,9 miliar.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Anasdar mengatakan, program peningkatan jalan, terutama perbaikan jalan rusak sudah dialokasikan anggaran yang bersumber dari DAU dan DAK, tahun 2020.  “Sesuai tercantum dalam daftar pelaksanaan anggaran (DPA), anggaran perbaikan jalan bersumber dari DAU sebesar Rp6,2 miliar, DAK untuk rehab jalan sebesar Rp5 miliar dan DAK peningkatan jalan sebesar Rp8,7 miliar. Total keseluruhannya capai Rp19,9 miliar,”katanya.

Dia menjelaskan, jalan-jalan yang akan direhab dengan alokasi anggaran Rp5 miliar, diantaranya Jalan Puskesmas Lapadde, Jalan Mattirotasi Baru, Jalan Lahalede, Jalan Atletik dan Jalan Minrulangnge.
Sedangkan DAK peningkatan jalan dengan anggaran Rp8,7 miliar untuk tiga ruas jalan, yakni Jalan Minrulangnge, Jalan Hikma dan Jalan Makkaranu di Bacukiki.
Ada 17 ruas jalan rusak yang akan disentuh perbaikan tahun ini, melalui DAU sebesar Rp6,2 miliar. Ruas jalan tersebut, yakni Jalan Mangurusi dan Jalan Abdul Jabbar di Kelurahan Sumpang Minangae, Jalan Nusa Karya, Jalan Harapan Karya dan Jalan Laupe di wilayah Soreang, Jalan Enggang, Jalan Merpati, Jalan Ketilang Perumnas Wekkee.

Selain itu, ada Jalan Andi Laetong, Jalan Lorong Taebe, Jalan Kuningan, Jalan Kuningan, Jalan Lapansiun di Kelurahan Ujung Sabbang, Jalan Cumi-cumi di Kelurahan Labukkang, Jalan Samping SMAN 2 Parepare, Jalan Andi Ajaib, Jalan Menara Soreang, Jalan Maspul di Kelurahan Ujung Baru.

Kepala Dinas PUPR Kota Parepare, H Laetteng yang dihubungi terpisah membenarkan perbaikan dan peningkatan sejumlah ruas jalan dalam wilayah Kota Parepare. “Tahun ini sudah dialokasikan anggaran untuk perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan,” singkatnya. (anj)