AMP Kecam Aksi Main Hakim Sendiri di Trans Nabire, Ini Tuntutannya

  • Whatsapp
AMP Kecam Aksi Main Hakim Sendiri di Trans Nabire, Ini Tuntutannya

PAREPOS.CO.ID,POLMAN — Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Polman (AMP) menggelar aksi unjuk rasa, Jumat 28 Februari, di Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Aksi tersebut merupakan bentuk pengecaman warga atas tindakan main hakim sendiri yang menewaskan Yus Yunus (26) warga asal Dusun Taramanu, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo, Polman di Jalan Trans Nabire, Kabupaten Dogiya, Papua, Minggu 23 Februari, lalu.

Korban almarhum Yus Yunus tewas mengenaskan setelah diamuk warga didepan petugas bersenjata, setelah dituding menabrak warga dan seekor babi.Dalam aksi solidaritas, mahasiswa dan NGO serta tokoh masyarakat yang tergabung dalam AMP yang dibacakan kordinator lapangan Muhammad menyampaikan enam poin tuntutan.

Bacaan Lainnya

Keenam tuntutan tersebut diantaranya, meminta Pemkab Polewali Mandar memfasilitasi secara hukum dan memberikan jaminan keamanan terhadap perantau yang ada yang berada di Papua. Meminta kepada Kapolri untuk mengusut tuntas kejadian yang menimpa warga asal Polman, almarhum Yus Yunus. Adili pelaku penganiayaan sesuai konstitusi yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya, berikan sanksi kepada aparat yang lalai dalam menjalankan tugas yang mengakibatkan jatuhnya korban. Copot Kapolda Papua serta meminta DPRD Polman berkoordinasi kepada DPR RI pusat untuk menyelesaikan kasus penganiayaan yang menimpa almarhum Yus Yunus di Nabire, Papua .

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Polman , Amiruddin didampingi Agus Pranoto yang menerima aksi dan menjawab keinginan aksi pun menyampaikan pernyataan sikap DPRD Polman, Sulbar. “Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga atas wafatnya saudara kita Yus Yunus. Meminta kepada Kapolri untuk menindak tegas pelaku penganiayaan dan mengusut tuntas oknum dan menangkap semua pelaku sesuai hukum perundang-undangan yang berlaku di NKRI,”tegasnya.(win)