Waspada Kencing Tikus dan Anjing di Musim Penghujan

  • Whatsapp
Waspada Kencing Tikus dan Anjing di Musim Penghujan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, masyarakat memang tidak hanya perlu waspada terhadap bencana, melainkan juga kemungkinan penyakit yang mudah menyerang. Seperti diare, typus, hingga penyakit kulit. Namun, yang juga perlu lagi diwaspadai adalah penyakit Leptospirosis. Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira dan disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Beberapa jenis hewan yang dapat menjadi pembawa leptospirosis, yaitu anjing, hewan pengerat seperti tikus.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Diskes) Parepare, Muhammad Idris, SKM, M Kes, mengatakan, leptospirosis bisa menular melalui makanan dan minuman, maupun langsung melalui luka di kulit maupun lapisan lunak lainnya. Sehingga, dirinya mengimbau masyarakat yang sering terjadi genangan disekitar rumah agar waspada. “Di musim hujan seperti sekarang memang sulit mendeteksi air terkontaminasi bakteri penyakit atau tidak, karena biasa penyakit ini berasal dari air seni tikus dan bercampur dari genangan air,” katanya.

Menurut Idris, hingga saat ini pihaknya belum pernah menerima laporan ada warga Parepare yang terkena penyakit tersebut, karena kata Idris, Parepare salah satu daerah yang kurang memiliki wilayah terdampak genangan air ataupun banjir. “Dari unit pelayanan kami, Alhamdulillah belum ada laporan mengenai penyakit tersebut, tapi meski demikian kita tetap waspada dan melakukan antisipasi kepada masyarakat terhadap penyakit tersebut, kami juga sudah melakukan komunikasi dengan semua puskesmas yang ada di Parepare,” ungkapnya.

Penyakit ini menyebar melalui darah, sehingga ketika bakteri tersebut masuk dalam tubuh, akan membuat penderita demam tinggi, kejang otot, pusing dan mual. “Sekali lagi harus waspadai, bak mandi harus tertutup dengan baik, terutama air untuk diminum,” imbaunya. (mat)

Pos terkait