Waspada Bencana, Pemkot Parepare Siaga Pelayanan

  • Whatsapp
Waspada Bencana, Pemkot Parepare Siaga Pelayanan

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE–Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mulai membuka posko bencana sejak Minggu malam, 5 Januari 2020. Hal itu menyusul cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir. Wakil Walikota (Wawali) Parepare, H Pangerang Rahim dan Sekda, H Iwan Asaad selaku Ex Officio Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare sudah turun memantau kondisi terkini pasca angin kencang dan intensitas hujan tinggi, Minggu, 5 Januari 2020.

Pada kesempatan itu, Wawali bersama Sekda juga mengecek persiapan Posko Bencana di BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos). “Posko Bencana di Dinsos mulai disiagakan mulai malam ini (Minggu malam, 5 Januari, red). Sedangkan di BPBD, Damkar dan CC 112 setiap hari walaupun kondisi cuaca normal,” kata Iwan Asaad, kemarin.

Bacaan Lainnya

Khusus di Dinsos, kata Iwan Asaad, memastikan stok beras dan bahan pangan dapat didistribusikan bagi yang memerlukan. “Termasuk kita minta bantuan terpal dari Dinsos Sulsel untuk digunakan di Parepare, karena sementara habis terpalnya,” kata Iwan.  Selain itu, Iwan yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, sudah meminta para kepala puskesmas agar siaga pelayanan di puskesmas karena bencana ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Parepare, Muh Rusli yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya terus melakukan pendataan kerusakan dampak dari terjangan angin kencang. Namun dia memastikan tidak ada korban jiwa. “Sementara kita validasi datanya. Tapi data sementara, ada 313 rumah rusak dan 60 pohon tumbang. Korban jiwa nihil, kerugian material belum bisa kami hitung. Sementara bantuan yang bisa kami lakukan hanya terpal itu pun terbatas,” kata Rusli.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Parepare, Hasan Ginca juga tetap siaga. Termasuk bantuan logistik untuk korban angin kencang akan disalurkan. “Kita terus berkoordinasi dengan BPBD, termasuk kami juga melakukan pendataan rumah warga rusak,” kata Hasan Ginca

Selain itu, Karang Taruna juga bergerak membantu dalam penanganan pasca bencana angin kencang. Hal itu disampaikan Ketua Karang Taruna Parepare, HM Iskandar Nusu. “Anggota juga kita sebar dalam penanganan pasca bencana angin kencang,” singkat Kepala Dinas Kominfo Parepare ini. (anj)

Pos terkait