Bencana Alam

Tanggap Bencana, Polairud dan Brimob Siap Siaga

PAREPOS.CO.ID, PAREPARE– Semuanya bergerak sebagai upaya tanggap bencana di Kota Parepare. Hujan lebat dua hari terakhir ini menyebabkan banjir di sejumlah titik. Banjir terparah di Kelurahan Wattang Bacukiki, Kelurahan Bacukiki akibat Salo Karaje meluap masuk ke permukiman warga.

Brimob, Polairud, Polres Parepare, Kodim, organisasi masyarakat dari Pemuda Pancasila, Tagana, Pramuka, PMI, Mapala Salawat UM Parepare bergerak dan berkolaborasi membantu warga terdampak banjir.  Salah satunya seperti di jalan Lumpue, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Tak tinggal diam, satu regu tim SAR Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sulsel, melakukan evakuasi terhadap penduduk yang sedang sakit, Minggu, 12 Januari, kemarin.

Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sulsel, AKP Rudi Mandaka mengatakan, satu regu tim SAR Brimob yang dikerahkan, untuk melakukan evakuasi salah satu warga korban banjir yang sedang sakit. “Evakuasi warga korban banjir di Lumpue yang sedang sakit menggunakan mobil truk Satuan Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sulsel,” katanya.

Dia menjelaskan, korban banjir yang sakit setelah dievakuasi langsung dibawa ke rumah keluarganya di Jalan Andi Makkasau Timur. Sementara itu, Polair Polda Sulsel juga tanggap bencana. Tak hanya di Kabupaten Barru, tanggap bencana juga dilakukan di Parepare. Anggota Polair Polda Sulsel, Bripka M Aris Barakasi
mengatakan, giat tanggap bencana dilaksanakan di Kampung Abbanuangnge. “Kita lakukan patroli di wilayah tersebut untuk evakuasi warga terdampak banjir,” katanya.

Ia menyebutkan, selain menurunkan lima personel, juga menerjunkan perahu dilengkapi mesin. “Pendukung sarana berupa rubber boat, pelampung 20
, Lifebuoy 1, truk dana tali,” jelasnya. Ia pun mengimbau warga yang terdampak untuk tetap tenang dan waspada. “Anggota SAR tetap Berjaga dan siaga saat hujan dalam debit air yang besar. Dan giat SAR ini dilakukan oleh SAR gabungan dari Ditpolair, Basarnas dan brimob serta PMI,” pungkas Bripka M Aris Barakasi. (sar)

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top