Metro Pare

Puluhan Guru dan Pelajar Ikut Pelatihan Jurnalistik di PARE POS

Pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan guru dan pelajar di Kantor Harian Pare Pos

PAREPOS.CO.ID,PAREPARE– Selama dua hari puluhan guru dan pelajar dari sejumlah sekolah lanjutan tingkat pertama sederajat, mengikuti pelatihan jurnalistik di Ruang Redaksi Lantai III, Kantor Harian PARE POS di Jalan Bau Massepe No 2 Parepare. Materi pelatihan yang diberikan seputar dasar-dasar jurnalistik baik cetak maupun online dan menulis berita.

Plt Dirut Harian PARE POS, Andi Muliadi menuturkan, acara pelatihan jurnalistik yang diikuti para guru dan pelajar ini bertujuan memberikan edukasi, bukan hanya sekadar membuat berita akan tetapi juga diberikan pelatihan bagaimana cara pencegahan berita hoax. “Nantinya hasil dari pelatihan singkat ini, mampu membuat peserta bisa ikut berperan serta untuk ikut serta mensosialisasikan kegiatan yang ada dilingkungan mereka melalui media Harian PARE POS maupun onlinenya,”kata Muliadi, Kamis 16 Januari, siang tadi.

Pimpinan Redaksi Harian PARE POS, Salman Razak mengakui, dalam kegiatan pelatihan jurnalistik kilat perlunya memberitakan kegiatan siswa di sekolah karena bisa memberi inspirasi dan warna tersendiri demi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kota Parepare. Kegiatan jurnalistik kilat yang dilaksanakan selama dua hari, kata Salman, diharapkan mampu melahirkan citizen reporter yang lahir dari kalangan guru dan akademisi yang ada di sekolah.

Peserta dari kegiatan ini, diikuti bukan hanya mayoritas guru dengan latar belakang pengajar mata pelajaran bahasa indonesia. Bahkan ada juga guru dari bidang keilmuan lain seperti matematika dan ilmu sosial. “Maka kita berharap agar senantiasa peserta bisa berusaha untuk menulis dan memberitakan kejadian atau peristiwa yang ada disekitarnya dengan syarat utama berita tersebut valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”katanya.

Senada diungkapkan, Penanggungjawab Online Harian PAREPOS, Ade Cahyadi yang tidak bisa memungkiri hasil pelatihan ini akan lahir sikap kritis dalam menggali sebuah informasi dan kepekaan sosial. Dalam pelatihan ini, kita sebagai insan pers memang mempunyai fungsi untuk mengedukasi masyarakat. Terutama agar terhindar dari berita-berita hoax, terlebih saat ini akses untuk mendapatkan beragam informasi begitu mudah. (*)

Rudi Amir
Guru SMK Negeri 2 Parepare
rudyamir23@gmail.com

Loading...
Loading...

TRENDING

To Top