Polda Sulsel Galakkan Program Polisi Peduli Penghijauan

  • Whatsapp
Polda Sulsel Galakkan Program Polisi Peduli Penghijauan

PAREPOS.CO.ID,MAKASSAR– Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu 5 Januari, galakkan gerakan penanaman pohon di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Gerakan itu merupakan bagian dari upaya dalam rangka mencegah banjir dan longsor. Selain itu, Polda Sulsel mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan.

Gerakan ini dimulai dengan penanaman hampir dua ribu pohon. “Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan SPN Polda Sulsel dengan menanam dua ribu pohon,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, melalui rilis resminya.

Bacaan Lainnya

“Penanaman pohon ini fungsinya yang satu untuk penghijauan, yang kedua membantu agar pohon-pohon jika tumbuh bisa menghambat banjir, longsor dan bencana lainnya. Selain itu penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya,”tambahnya.

Kombes Pol Ibrahim Tompo mengakui, program polisi peduli penghijauan merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup. “Selain itu dengan banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, menuntut kepedulian bersama untuk menata kembali lingkungan. Salah satunya dengan penghijauan mulai dari lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya,”tegasnya.

Secara keseluruhan, Polda Sulsel dan Polres jajaran menggelar Program Polisi Peduli Penghijauan dengan penanaman bibit pohon, dengan total akumulasi lahan seluas 3,5 hektar yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel .

“Pohon yang ditanam sebanyak 2000 batang, terdiri dari pohon Jati Putih, Manggrove, Kopi, Mahoni, ukun, rambutan, Ketapang Kencana, Gerseng , Jeruk, Lengkeng dan Bambu Kuning,”ungkapnya. Sebagai bentuk sinergitas, program tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Perhutani, melibatkan anggota Polres dan Polsek Jajaran Polda Sulsel, TNI, dan polisi kehutanan serta masyarakat.(*/ade)

Pos terkait